Tips Internet Aman

Dunia maya tidak jauh berbeda dengan dunia nyata. Di sana ada kebaikan dan ada pula kejahatan. Kasus terakhir yang belum terpecahkan adalah hilangnya seorang gadis kecil model iklan. Diduga hilangnya gadis ini berhubungan dengan komunikasi yang dilakukan dengan seseorang melalui facebook. Lewat media sosial ini juga, gadis ini memberi pesan perpisahan kepada keluarganya.
Internet adalah sarana yang mempermudah manusia untuk mencapai tujuannya. Tapi tidak semua orang punya tujuan mulia di dunia maya. Ada yang memang berniat jahat dan memanfaatkan kesempatan dari ketidaktahuan serta kecerobohan orang. Untuk itu, para pengguna internet perlu berhati-hati agar tidak menjadi korban.
Beberapa tips untuk internet aman diantaranya yaitu:
1. Think before posting. Mikir dulu sebelum posting apapun di internet. Ngupdate status, nulis di blog atau upload foto atau video. Internet adalah ruang publik jadi apapun yang kita lakukan di sana harus bisa dipertanggungjawabkan. So, jangan sembarangan berbuat.
2. Jangan langsung percaya kepada apa yang kamu lihat, dengar, baca di internet karena sifat internet yang bebas. Siapa saja bisa menulis, mengupload suara, gambar, foto atau video sesuka hatinya. Jika dapat informasi dari internet harus dicross check dulu kebenarannya. Cari sumber lain untuk konfirmasi.
3. Lebih baik tidak menginput/memberikan data pribadi kepada siapapun yang tidak anda kenal di internet. Tidak perlu menuliskan no hp, telpon atau alamat rumah dengan detail di website atau media sosial karena bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
4. Hindari mengupload foto atau video pribadi yang tidak pantas. Apapun alasannya jangan menyebarkan foto atau video milik sendiri atau orang lain yang berpotensi menjadi masalah karena mengandung unsur pornografi atau bentuk kriminalitas lainnya.
5. Tidak menggunakan kata-kata yang kasar atau sumpah serapah kepada orang lain. Jangan ngomongin atau ngegosip yang merugikan orang lain karena kita bisa dituntut secara hukum. Ngomong kasar atau memfitnah orang di dunia maya sama saja dengan di dunia nyata. Kedua-duanya bisa berbuntut panjang dan jadi urusan sampai ke pengadilan.
6. Bertransaksi di internet hanya dilakukan dengan pihak yang sudah dipercaya. Check dan recheck toko online atau tempat belanja yang sudah terjamin berbisnis dengan jujur. Mintalah referensi kepada teman atau orang terdekat jika akan belanja online.
7. Jika berkenalan dengan orang lain di internet, jangan langsung percaya begitu saja dengan apa yang disampaikan. Data diri dan foto bisa dengan mudah direkayasa. Kata-kata yang menggoda, perhatian yang menyentuh jiwa, bisa jadi hanyalah rekayasa belaka. Lebih baik berhati-hati daripada tertipu nanti. Jika dia mengajak bertemu, ajaklah teman atau saudara, jangan bertemu sendirian saja.
8. Untuk keamanan, ubahlah password e-mail dan user account media sosial anda secara rutin. Buatlah password yang sulit ditebak dan terdiri dari paduan huruf dan angka. Sudah sering terjadi ada e-mail atau account FB yang dibajak oleh orang lain.
9. Apabila menerima kiriman e-mail atau pesan di FB yang berisi link yang tidak jelas, jangan di-klik. Walaupun e-mail atau pesan di FB itu berasal dari orang yang kita kenal. Biasanya itu adalah virus yang menginfeksi account e-mail atau FB teman anda dan virus itu mengirimkan link tersebut ke semua friend list yang ada di account tersebut.
10. Disarankan untuk punya lebih dari satu e-mail. Email pertama digunakan untuk ikut serta dalam milis, registrasi di forum atau website tertentu. Sementara email kedua dipakai untuk keperluan pribadi. Email pertama ini yang bisa dipublish untuk umum, dicantumkan di FB atau twitter. Sedangkan email kedua hanya diberitahukan kepada orang-orang tertentu saja.
11. Lebih selektif dalam menyetujui pertemanan di facebook atau twitter. Jangan berlomba-lomba memperbanyak teman tapi kita tidak tahu siapa mereka.
12. Aturlah privacy setting di facebook sehingga tidak semua orang bisa melihat profil anda. Selain itu, atur juga agar gambar, video atau tulisan yang ditag ke anda harus mendapat persetujuan agar tidak tampil di profile. Jangan sampai profile anda terisi oleh tulisan atau gambar yang tidak pantas.
Itu saja tips internet aman dari saya. Mungkin masih ada lagi tips yang lainnya, silakan bagi yang ingin menambahkan bisa menulis di komentar. Thank you for sharing…

12 thoughts on “Tips Internet Aman”

  1. tapi kalau untuk blogger atau toko online sebaiknya privasi harus untuk umum kalau hanya teman ntar pasarnya terbatas, termasuk memperbanyak teman itu harus demi mendatangkan trafik dan calon konsumen

    1. iya saya setuju. blogger atau toko online memang hidupnya di dunia online. mereka harus siap menerima resikonya. misalnya menerima spam atau penipuan. mereka perlu menyiapkan “alat” pengaman yang lain. no hape harus punya lebih dari satu dan yang dipublish hanya no hape untuk transaksi bisnis saja. no hape pribadi tidak perlu diberitahu ke orang banyak…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *