Alasan Yang Membuat Orang Mudah Menyerah

Jika kita malas atau tak mau melakukan sesuatu ada beribu banyak alasan untuk disampaikan. Namun, jika kita sudah punya kemauan yang kuat untuk berhasil, tak ada satupun alasan yang bisa menghalangi. Manusia memiliki banyak keinginan dan impian yang didambakan. Tapi tidak semuanya mudah diwujudkan.

Seringkali ada tantangan dan hambatan yang menghadang. Sebagian orang ada yang tetap bertahan dan terus berjuang. Namun, ada juga orang yang mudah menyerah dan mengangkat tangan.

Mereka mudah menyerah karena berbagai alasan, diantaranya yaitu;

Continue reading “Alasan Yang Membuat Orang Mudah Menyerah”

Rumus Percaya Diri

Salah satu kunci kesuksesan adalah percaya diri. Tanpa percaya diri, sulit rasanya untuk bisa meraih keberhasilan. Minder akan menghambat laju seseorang menuju sukses. Bahkan bisa jadi mereka yang minder tidak akan pernah melangkah maju. Hanya diam di tempat dan mungkin melangkah mundur.
Untuk menjadi percaya diri, ada rumus yang harus dilakoni. Rumus percaya diri adalah: Continue reading “Rumus Percaya Diri”

Tunjukkan Prestasi Bukan Adu Gengsi

Banyak produk gadget keluaran produsen ternama dilaunching di Indonesia. Pembelinya pun ngantri kayak mau dapet pembagian sembako. Mobil harga miliaran rupiah pun laku aja dijual di sini. Meskipun tidak banyak karena memang diproduksi terbatas dan tiap negara diberi jatah sedikit saja. Begitu juga dengan motor gede berharga ratusan juta banyak yang punya, berseliweran bagai raja jalanan, terkadang tak menggubris aturan.
Salah satu alasan mereka membeli barang-barang tersebut adalah gengsi. Masa sudah kaya nggak punya mobil keren. Malu kan jadi pejabat bajunya beli di tanah abang, pake baju branded merek luar negeri dong. Kalo bisa rancangan desainer terkenal. Hanya demi gengsi mereka beli smartphone terbaru yang harganya mahal tapi cuma dipake telepon dan sms-an doang. Lebih banyak ditenteng kemana-mana, pamer ke kiri dan ke kanan. Kalo ada pameran terbesar di negeri ini, itu adalah pamer gengsi. Gak cuma di kota besar, di pinggiran dan perkampungan juga ada. Bukan cuma orang dewasa, anak mudanya pun sama saja.
Padahal seharusnya kita tunjukkan prestasi bukan gengsi. Sedari kecil harusnya anak dididik untuk berprestasi di bidang apapun yang mereka kehendaki. Anak muda lebih baik bersaing meraih prestasi daripada adu gengsi. Tak ada yang bisa dibanggakan dari adu gengsi, masih mending kalo beli barangnya hasil keringat sendiri. Kalo dari minta sana sini atau bisa juga hasil korupsi. Apa yang mau dibanggakan?
Lebih baik kita berprestasi, meskipun kecil tapi hasil kerja sendiri. Berprestasi itu banyak manfaatnya untuk kita sendiri dan orang lain. Pentingnya berprestasi diantaranya yaitu untuk: Continue reading “Tunjukkan Prestasi Bukan Adu Gengsi”

Menjadi Yang Terbaik (1)

Mau jadi orang baik apa orang nggak baik? pasti semua orang menjawab mau jadi orang baik. Tapi kalo ditanya mau jadi orang yang terbaik di bidangnya nggak? Kalo masih sekolah jadi pelajar terbaik, mahasiswa terbaik, pekerja terbaik, atau yang lainnya. Jawabannya belum tentu semua mau. Sebagian pasti bilang, ah saya pengen jadi orang yang biasa-biasa aja. Sangat sedikit yang punya keinginan untuk menjadi yang terbaik.
Padahal seharusnya setiap kita ingin menjadi yang terbaik di bidangnya masing-masing. Untuk menjadi yang terbaik bisa melakukan langkah-langkah berikut: Continue reading “Menjadi Yang Terbaik (1)”

Jadilah Dirimu Sendiri

Banyak anak muda sekarang yang tidak menjadi diri mereka sendiri. Mereka menjadi orang lain. Hanya menjadi pengikut setia seperti bebek yang selalu mengikuti kemanapun “raja” bebek pergi. Remaja selalu mengikuti
mode pakaian, gaya rambut, cara berbicara, pemikiran dan gaya hidup para “trend setter” yang dikaguminya. Trend setter atau penentu trend saat ini bisa artis, penyanyi, bintang film, tokoh politik, bintang olahraga dan sebagainya.
Apa yang menjadi trend langsung diikuti tanpa ada proses seleksi. Padahal apapun bentuk trendnya tidak selalu benar dan belum tentu cocok diterapkan. Selain itu, ketika kita selalu mengikuti apa yang dilakukan orang lain maka kita kehilangan jati diri. Bisa juga kita melakukan sesuatu karena kita terpaksa mengikuti orang-orang terdekat atau keluarga. Akhirnya identitas diri kita tidak jelas. Labil dan terombang-ambing bagai sebatang kayu di lautan luas. Entah mau jadi apa dan mau kemana.
Untuk menjadi diri sendiri, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu: Continue reading “Jadilah Dirimu Sendiri”

Cara Meningkatkan Percaya Diri

Percaya diri bukan segalanya, tapi segalanya akan lebih mudah diraih jika kita percaya diri (@farhan)
Banyak orang yang tidak jadi melakukan sesuatu, tidak berani meraih apa yang diinginkan, sulit mengatakan apa yang seharusnya disampaikan hanya karena tidak percaya diri. Sayang sekali, tidak percaya diri alias minder sering menjadi penghalang kesuksesan seseorang. Orang yang minder tidak bisa menampilkan potensi dirinya karena terhalang oleh “mental block”.
Untuk itu, rasa percaya diri harus ditingkatkan. Semakin dewasa usia kita, semakin banyak tantangan kehidupan yang harus dijalani. Dulu masih sekolah atau kuliah, sekarang sudah bekerja dan menikah. Rasa percaya diri harus semakin tinggi. Ada 3 langkah untuk meningkatkan percaya diri yaitu: Continue reading “Cara Meningkatkan Percaya Diri”

Pentingnya Percaya Diri (1)

Banyak orang yang merasa malu, ragu, takut dan tidak mau mengungkapkan pendapat di depan umum. Apalagi kalau disuruh maju ke depan. Begitu juga kalau diminta untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan. Itulah salah satu gejala dari “penyakit” tidak percaya diri (pede) alias minder.
Minder seperti virus yang membuat lemah dan tak berdaya manusia. Tidak berani melakukan sesuatu padahal bisa jadi sesuatu itu adalah hal penting bagi dirinya. Sementara percaya diri sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Percaya diri sangat penting sebagai langkah awal kesuksesan.
Pentingnya percaya diri ada beberapa hal, tulisan pertama ini hanya akan membahas satu faktor saja yaitu percaya diri sebagai energizer. Continue reading “Pentingnya Percaya Diri (1)”

4 Langkah Untuk Mengubah Kehidupan Anda

Banyak orang yang merasa hidupnya biasa saja. Berlalu seperti angin berhembus. Tak banyak perubahan dari hari ke hari, bulan demi bulan hingga hitungan tahun berganti. Tak ada perbedaan, “aku masih seperti yang dulu” ngutip lagu jadul. Tentu kalau keadaan kita sekarang sama seperti dulu berarti kita termasuk orang yang merugi. Terus gimana dong supaya hidup kita berubah. Apa yang harus kita lakukan?
Ada 4 langkah yang bisa mengubah kehidupan anda. Baca dan praktekkan yah… Continue reading “4 Langkah Untuk Mengubah Kehidupan Anda”

Penyebab Minder (1)

Banyak orang yang tidak percaya diri karena merasa memiliki kekurangan secara fisik. Ada yang punya cacat tubuh. Merasa tidak cantik atau ganteng. Badannya kurang tinggi lah, tidak langsing alias gendut, atau kurang putih (sebutan halus untuk kulit hitam), dsb.
Bisa dikategorikan penyebab minder karena masalah fisik sebagai berikut: Continue reading “Penyebab Minder (1)”

Hukum kesuksesan 3: ekspektasi

Hukum ini mengatakan “apapun yg anda harapkan dengan percaya diri, akan menjadi kenyataan”.
Kita bukan mendapatkan apa yg diinginkan dlm kehidupan, tetapi apa yg anda harapkan. Kita tdk akan pernah dpt meningkatkan kualitas diri lebih dari apa yg anda harapkan. Namun perlu kita ketahui kita bebas membuat harapan atau ekspektasi kita sendiri. Apapun itu.
Hukum ini mengharuskan kita selalu “mengharapkan yg terbaik”. Berharap mendapatkan sesuatu dari pengalaman dan belajar dari masalah serta kesulitan. Kita haeus percaya diri bahwa segala sesuatu yg terjadi merupakan bagian dari rencana besar perjalanan menuju sukses.
Ada ungkapan yg mengatakan “always hope for the best and prepare for the worst”. Selau berharap yg terbaik dan bersiap untuk yg terburuk. Kesuksesan hanya akan datang kepada mereka yg mengharapkannya.
Semoga bermanfaat….