Sukses Ibarat Puncak Gunung Es

Seringkali orang melihat betapa enaknya menjadi orang sukses. Penampilan gagah, harta berlimpah apalagi ditambah dengan popularitas pasti membuat orang lain tergiur. Memang keberhasilan yang diraih orang sukses akan membuat iri orang lain. Mereka hanya melihat apa yang nampak di permukaan.

Bisa dikatakan sukses ibarat puncak gunung es. Apa maksudnya?

Gunung es hanya terlihat puncak dan separuh badannya. Padahal sebagian besar badannya ada di bawah air. Hal inilah yang sering tidak diketahui oleh orang banyak. Mereka hanya tahu gunung es dari apa yang tampak di permukaan saja. Sementara sebagian besar badan gunung es yang ada di bawah permukaan air tidak dilihat dan diperhatikan.

Begitu juga dengan kesuksesan. Sebagian besar orang hanya melihat puncak keberhasilan orang sukses. Mereka tidak melihat bagaimana perjalanan menuju sukses yang penuh rintangan dan hambatan. Bahkan orang sukses harus jatuh bangun sampai terkadang harus merangkak agar bisa terus bergerak.

Dibalik kesuksesan seseorang ada dedikasi tiada henti yang terus fokus untuk meraih apa yang diinginkan. Ada kerja keras memeras keringat sampai membanting tulang. Ada kebiasaan baik yang konsisten dilakukan seperti bangun pagi lebih cepat serta bekerja lebih keras dan cerdas.

Selain itu, orang sukses juga sering menahan kecewa karena banyak hal yang tidak sesuai dengan harapan. Mereka juga sering mengalami kegagalan demi kegagalan. Namun mereka selalu bangkit dan kembali berjuang untuk meraih tujuan. Begitu banyak pengorbanan yang sudah mereka lakukan. Berkorban waktu, tenaga, uang, pikiran dan juga perasaan. Mereka korbankan itu semua demi meraih kesuksesan yang dicita-citakan.

Iya, sukses memang seperti puncak gunung es. Ia ada di ketinggian. Tak ada kendaraan, helikopter begitu juga lift atau eskalator menuju ke sana. Siapa saja yang mau meraih kesuksesan harus mau bersusah payah mendaki.

Anda mau sukses? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *