Sudahkah Anda Punya Target Bulan Ramadhan Ini?

Alhamdulillah kita masih diberikan kenikmatan besar yaitu diberi kesempatan bertemu dengan bulan suci Ramadhan. Kesempatan ini tentu tidak boleh disia-siakan karena bulan istimewa ini hanya datang setahun sekali. Kita belum tentu bertemu lagi dengan Ramadhan tahun depan karena kita tak pernah tahu kapan ajal akan datang.

Keberkahan dan kemuliaan bulan Ramadhan harus kita raih dengan cara mengisi waktu dengan agenda kebaikan. Namun, tantangan dan hambatan untuk itu akan selalu ada. Salah satu cara agar kita bisa lebih optimal memanfaatkan waktu selama bulan Ramadhan adalah dengan membuat target. Apakah anda sudah punya target bulan Ramadhan ini?

Organisasi besar yang berorientasi profit maupun nirlaba selalu punya target agar yang ditentukan pada awal tahun. Dengan target yang jelas, mereka punya program kerja yang harus dilakukan dengan terencana. Kita pun mestinya seperti itu juga. Semua individu harus punya target yang ingin dicapai.

Target Ramadhan harus dibuat agar apa yang akan kita lakukan lebih terarah, menumbuhkan semangat untuk beraktifitas lebih giat dan menambah tantangan. Sebaliknya jika kita berpuasa tanpa punya target, mungkin kita hanya sekedar berpuasa saja. Tanpa punya motivasi lebih untuk beribadah lebih banyak karena taka da target yang ditetapkan. Hal ini juga berlaku dalam dunia bisnis, ketika seorang pebisnis punya target yang jelas maka dia akan berbuat semaksimal mungkin untuk meraihnya. Sementara pebisnis tanpa target, hanya akan berbuat seperti biasa saja, business as usual.

Apa saja yang perlu ditargetkan di bulan Ramadhan ini?

a. Puasa penuh kecuali ada halangan syar’i

Target pertama tentu puasanya harus penuh tanpa bolong-bolong kecuali ada halangan yang dibolehkan oleh syariat. Misalnya seorang perempuan tentu pasti punya rutinitas bulanan yaitu menstruasi yang menjadi halangan syar’i. Begitu juga jika kita sedang sakit berat, tentu dibolehkan untuk tidak berpuasa.

b. Tilawah Qur’an

Bulan Ramadhan disebut juga sebagai bulan diturunkannya Al Qur’an maka membaca kitab suci di bulan ini sangat bernilai tinggi. Bahkan kita dianjurkan untuk mengkhatamkan membaca Al Qur’an minimal 1 kali dalam sebulan ini. Untuk yang sudah biasa membacanya setiap hari, target ini tidak terlalu sulit. Mungkin saja tergetnya dinaikkan menjadi 2 kali khatam dalam sebulan. Sementara untuk yang belum biasa, targetnya cukup 1 kali khatam.

c. Shalat taraweh

Shalat Sunnah ini hanya ada di bulan Ramadhan saja. Tentu kehadirannya jangan disia-siakan. Sebisa mungkin kita menjalankan shalat taraweh sebulan penuh. Jika tidak bisa shalat berjamaah di masjid, boleh juga shalat taraweh di rumah.

d. Sholat tahajud

Sholat ini terasa berat dilakukan karena kita harus bangun di tengah malam. Sementara ketika Ramadhan tiba, sholat ini bisa lebih mudah dilakukan karena kita disunnahkan untuk bangun sahur. Sholat tahajud bisa dilaksanakan sebelum makan sahur.

e. Sedekah

Berbagi kepada sesama di bulan mulia ini sangat dianjurkan. Kita bisa memperbanyak sedekah di bulan ini. Bisa dengan cara menyediakan makanan untuk berbuka, bisa juga dengan memberikan bingkisan hari raya dan lain sebagainya. Kita bisa membuat target untuk bersedekah sebanyak-banyaknya.

Demikianlah contoh target yang bisa dibuat selama bulan Ramadhan. Anda bisa menambahkan target-target yang lain. Semoga dengan dibuatnya target Ramadhan ini, ibadah kita akan lebih bersemangat dan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

One thought on “Sudahkah Anda Punya Target Bulan Ramadhan Ini?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *