Siapa yang setuju KPK dibubarkan?

Wacana pembubaran KPK menghebohkan jagat maya dan dunia nyata di negara kita. Usulan itu dianggap aneh dan tidak pantas diungkapkan oleh anggota DPR. Kecaman dan ketidaksetujuan bertebaran di media. Lebih banyak yang kontra terhadap ide itu walaupun sebenarnya yang mendukung juga ada. Namun suara mereka tak begitu terdengar dan bahkan mereka lebih memilih diam. Hanya suara hatinya saja yang mengangguk setuju.
Bagaimana dengan anda? apakah anda setuju KPK dibubarkan?
Mereka yang setuju berargumen bahwa KPK adalah harapan bagi pemberantasan korupsi di Indonesia. Korupsi di negeri ini sudah menyentuh hampir semua lini. Sementara harapan penegakan hukum ditangan polisi, kejaksaan dan pengadilan tak pernah memberikan angin segar. Ketiga lembaga tersebut sangat lamban dan tidak berdaya menghadapi kejahatan oleh penguasa dan pengusaha.
KPK bagaikan setetes mata air di tanah gersang, memberikan harapan akan masih adanya kehidupan. Korupsi bisa dibasmi. Itulah cita-cita awal pembentukan KPK. Oleh karena itu, banyak rakyat yang berharap agar KPK terus berbuat. Memberantas korupsi tanpa pilih kasih.
Namun apa yang terjadi? KPK belum mewujudkan mimpi rakyat negeri ini yang berharap hilangnya korupsi dari muka bumi. Pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK belum menyentuh semua kalangan. KPK seperti tidak berani mengusut kasus-kasus sensitif yang melibatkan para petinggi negeri. Kasus besar seperti bank century dan nazarudin belum tuntas hingga saat ini.
Ide pembubaran KPK sebenarnya bukan hal yang aneh jika kita berfikir dengan jernih. KPK adalah lembaga ad-hoc alias sementara bukan permanen. Jadi tidak akan selamanya ada. Idealnya penegakan hukum termasuk kasus korupsi dilakukan oleh polisi, jaksa dan hakim.
Selain itu, pemberantasan korupsi bukan hanya tugas KPK saja. Masyarakat juga harus mau ikut berperan dengan cara mulai dari diri sendiri. Jangan mau ikut-ikutan korupsi, menikmati hasilnya atau mendorong orang lain untuk korupsi. Kemauan yang kuat dari seluruh komponen masyarakat akan menekan perilaku korupsi.
Namun yang lebih penting daripada itu adalah kemauan politik dari penguasa alias pemimpin negara. Mau tidak memberantas korupsi? Kalau hanya berupa ucapan saja tidak akan pernah bisa terlaksana. Berikan contoh dan keteladanan. Hiduplah dengan sederhana. Beranilah untuk mengusut kasus besar yang mungkin akan menyeret orang-orang terdekat sekalipun.
Jika presiden berani bertindak dan bisa memimpin jaksa, polisi dan hakim untuk menjalankan tugasnya dengan baik tanpa pandang bulu maka KPK tidak lagi dibutuhkan. KPK ada karena institusi yang ada belum bekerja sesuai dengan fungsinya. Tugas presidenlah untuk memberdayakan dan mengarahkan semua institusi yang berada dibawah kewenangannya untuk menjalankan tugas dengan semestinya.
Usulan pembubaran KPK bukan hal gila. Hanya waktu, tempat dan suasana munculnya usulan itu yang kurang tepat. Polemik tentang ide itu jangan diperpanjang lebih baik teruslah berjuang. Bebaskan negeri ini dari korupsi.

6 thoughts on “Siapa yang setuju KPK dibubarkan?”

  1. ya gmn mau bkrja dgn baik , katua KPK yg kmrn itu kn orgny “bersih” .
    mknny dy d singkirkan sm org2 yg “kotor” d bwhny .
    gmn jg mau nanganin kasus gde yg ngebw nma org “terknl” , bs2 mlh fkta d putar balikkan .. g bs gegabah gt .. lg pula KPK udh g ky dlu lg , skrg aj udh jrg msk media .

    1. Memang KPK terasa beda dari generasi 1 Taufiqurrahman Ruki sebagai ketua, generasi 2 Antasari Azhar & Busyro Muqoddas. Kayaknya ada penurunan kinerja dan citra. Lebih kompromis dan banyak kalkulasi politik. Seharusnya berani terus berantas korupsi tanpa memikirkan urusan politik

  2. Seperti kata salah satu anggota komite etik KPK: “kalo mau bubarkan KPK, jangan tanggung-tanggung, bubarkan saja negara ini sekalian”.
    It mean beliau sadar bahwa penegak hukum yang lain tidak lebih hanya pemain sinetron. Kalo KPK dibubarkan, sudah pasti negara ini ikutan bubar. 🙂

    1. Mungkin gak gitu-gitu banget kali. Kalo KPK dibubarin kita bikin aja KPK tandingan. Namanya bisa KPK Perjuangan atau KPK Sejahtera he…he…

  3. gak ada alasan buat membubarkan KPK. Anggota DPR bersikeras ingin membubarkan KPK, mereka takut buih bakal bertambah penuh dengan anggota DPR lain nya. saya selaku masyarakat indonesia, sangat mendukung kinerja KPK selama ini, walaupun kekurangan masih jelas terlihat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *