Rumus Percaya Diri

Salah satu kunci kesuksesan adalah percaya diri. Tanpa percaya diri, sulit rasanya untuk bisa meraih keberhasilan. Minder akan menghambat laju seseorang menuju sukses. Bahkan bisa jadi mereka yang minder tidak akan pernah melangkah maju. Hanya diam di tempat dan mungkin melangkah mundur.
Untuk menjadi percaya diri, ada rumus yang harus dilakoni. Rumus percaya diri adalah:
PD = (BP + KP) x A
Keterangan: PD = Percaya Diri, BP = Berpikir Positif, KP = Kekuatan Potensi, A = Aksi
Dari rumus ini, percaya diri harus dimulai dari Berpikir Positif yang berarti kita selalu berprasangka baik terhadap diri sendiri, orang lain dan lingkungan. Selain itu, kita juga mesti melihat dari sisi positif terhadap semua keadaan dan permasalahan. Dengan berpikir positif kita tidak terpengaruh dengan perkataan dan perlakuan orang lain yang menjelek-jelekan diri kita. Kita mencari hikmah positif dari permasalahan dan keadaan yang terjadi.
Berpikir positif harus ditambah dengan kekuatan potensi. Setiap orang pasti punya potensi diri. Hanya terkadang sebagian orang belum tahu apa kelebihan dirinya. Ada cara untuk bisa mengetahui potensi diri, bisa baca tulisan di sini. Potensi diri yang sudah diketahui harus dikembangkan agar menjadi keahlian. Untuk bisa mengembangkan potensi bisa baca tulisan di sini.
Potensi diri ada yang mudah terlihat dan langsung nampak di permukaan. Tapi ada juga potensi yang harus digali dan ditemukan di kedalaman. Fokuskan diri pada kelebihan yang dimiliki, jangan terus menerus melihat kekurangan. Perbaikilah kekurangan yang ada dengan cara belajar dan berlatih. Tumbuhkan kesadaran dalam diri bahwa kita bisa menjadi lebih baik dari yang kita duga. Manusia punya potensi luar biasa yang bisa terus dikembangkan.
Untuk menjadi percaya diri tak cukup hanya dengan berpikir positif dan memiliki potensi. Kita harus berbuat alias beraksi. Segera bertindak, jangan terlalu banyak pertimbangan. Hilangkan ketakutan anda dengan melakukan apa yang ditakutkan itu. Jika anda takut berbicara di depan umum, lakukan itu. Yakini anda juga bisa. Pedagang asongan di bis kota saja bisa dengan lancar berbicara dihadapan puluhan penumpang. Menunda tindakan sama saja dengan memperbesar kemungkinan kegagalan.
Tanpa ada aksi tak akan ada percaya diri. Lakukan saja apa yang selama ini anda tidak berani melakukannya karena merasa minder. Dengan sering melakukannya anda akan terbiasa dan rasa percaya diri akan tumbuh. Untuk melatih berbicara di depan umum, mulailah aksi anda dari lingkungan terkecil. Latihlah berbicara dengan aktif bertanya ketika ada pelatihan atau seminar.
Semua orang bisa percaya diri karena semua manusia punya potensi. Ayo kita tingkatkan rasa percaya diri, agar kesulitan mudah kita lalui dan kesuksesan telah menanti. Salam percaya diri…

4 thoughts on “Rumus Percaya Diri”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *