Reading skill

         Membaca adalah suatu keterampilan

         Membaca dengan cepat adalah keterampilan yang harus dikuasai oleh siapa saja karena waktu yang kita miliki terbatas

         Ada 2 syarat agar keterampilan membaca anda meningkat yaitu:

            1. Berkeinginan untuk memperbaiki

            2. Percaya diri

 

Pandangan yg salah tentang membaca

  1. Membaca yang baik, menyenangkan serta cermat harus dilakukan secara lambat.
  2. Bila kurang memahami atau kehilangan konsentrasi, kita harus membaca ulang.
  3. Membaca itu membosankan.
  4. Membaca sekilas bukanlah membaca yang sebenarnya.
  5. Kita perlu waktu yang lama untuk membaca.
  6. Dokumen teknis tidak dapat dibaca dengan cepat.
  7. Membaca cepat tidak menyenangkan.
  8. Bila membaca kita perlu mengingat semuanya.

 

Latihan

Ayo, kita hitung berapa kecepatan membaca Anda.

Caranya:

1. Cari pasangan untuk berlatih.

2. Pastikan anda memiliki alat penghitung waktu.

3. Bacalah tulisan yang sudah disiapkan sementara pasangan anda menghitung waktunya.

4. Rumus menghitung kecepatan membaca:

                                    Jumlah kata dalam tulisan

                                                            menit

 

INGAT: membaca cepat tidak menjamin anda memahami isi bacaan. Kecepatan membaca dengan pemahaman adalah dua hal yang berbeda. Pemahaman bersifat subyektif sangat tergantung kepada kondisi seseorang, latar belakang pendidikan, pengalaman dan sebagainya.

 

Pemahaman

         Apakah saya mengerti ide umum dari tulisan itu?

         Apakah itu cukup untuk keperluan saya sekarang?

         Apakah saya kehilangan beberapa detail? Apakah itu perlu?

         Apakah saya cukup mengerti apa yang sudah dibaca untuk meneruskan membaca?

 

Pemahaman yang baik

         Mampu memilih dan memahami apa yang anda butuhkan

         Mengingat dan memanggil ulang informasi yang sudah didapatkan

         Menghubungkan informasi baru dengan pengetahuan yang telah ada

 

Kebiasaan buruk dalam membaca

         Mendengar kata-kata di dalam kepala sewaktu anda membaca (subvokalisasi)

         Membaca satu kata pada satu waktu

         Mengulangi membaca karena tidak memahami maknanya

         Mempunyai masalah mengingat tulisan

         Mengalami kesulitan untuk tetap berkonsentrasi membaca

         Menunda dan interupsi membaca

 

Cara meningkatkan kecepatan membaca

         Persiapan

         Motivasi

         Mengatasi regresi

         Menggunakan pandangan periferi

         Menggunakan penunjuk

         Latihan, latihan dan latihan

 

Tehnik membaca

         Skimming

            Untuk mendapatkan ide utama tulisan.

            Baca daftar isi, pendahuluan, kesimpulan.

            Baca awal dan akhir paragraf.

         Scanning

            Untuk mendapatkan informasi yang spesifik.

            Baca daftar isi dan indeks.

            Perhatikan kata kunci, konsep, gambar, grafik, data.

         SQ3R

            Untuk mendapatkan informasi yang lebih terperinci.

            Survey è daftar isi, pendahuluan, ringkasan

            Question è tanya jawab, buat pertanyaan

            Read è baca untuk mencari informasi yang dibutuhkan

            Recite è Meringkas, parafrase (menuliskan kembali dengan bahasa sendiri)

            Review è Mengulang kembali, mengingat

 

Latihan Membaca Buku

  1. Pilih buku yang anda sukai,
  2. Cari pasangan untuk berlatih.
  3. Pastikan anda memiliki alat penghitung waktu.
  4. Tentukan limit waktu untuk membaca buku sekilas tapi anda bisa mengetahui ide utama buku itu. Misalnya 15 menit
  5. Bacalah bukunya dan buat ringkasan.
  6. Setelah selesai, secara bergantian setiap peserta menceritakan isi buku kepada pasangannya.

 

Tulisan ini jangan cuma dibaca tapi harus dipraktekkan. Selamat mencoba..

5 thoughts on “Reading skill”

  1. baca artikel ini jadi inget dulu waktu smp setiap hari-setiap pagi pasti latihan membaca cepat. kami boleh milih buku apa yang mau dibaca. nanti dipanggil siapa yang paling banyak skor-nya.. hehehe.
    tapi kalau nggak salah waktu itu yang ditekankan adl teknik scanning. jd cuma perlu tau garis besarnya. ga perlu paham. waktu itu latian buat ngadepin soal2 tipe reading. jadinya paling enggak tau dimana letak jawaban dari pertanyaan..
    kmrn saya br aja selesai bc buku melayu. buku setebel harry potter 3.. dan sy habiskan dlm wkt hmpir sebulan. itu rekor paling lama saya bc buku.. harry potter 3 aja selesai dlm wkt 2 hr. secara, buku harry potter-nya pke bhs indo.
    jadi menurut sy niy, bahasa yang digunakan dalam buku itu juga mempengaruhi kecepatan kita dalam membaca, karena sambil membaca juga mikir-maksudnya apa ya? selain itu kalau membaca itu perlu ada rasa interest sm bacaan kita. jadinya bakal terus dibaca dan ga akan ditunda-tunda.
    ayo membaca…!! membaca itu menyenangkan.. hohoho.

  2. thanks, for your comment. betul emang membaca itu tergantung dari minat atau motivasi kita. semakin besar motivasinya, membaca jadi terasa menyenangkan dan bisa cepat diselesaikan. Faktor bahasa juga berpengaruh makanya standar kecepatan membaca tergantung juga dari bahasa ibu si pembaca tsb.

  3. saya juga seneng membaca kok, cuman terkadang..saya merasa membaca akan menyenangkan kalau sesuai dengan buku kesukaan yang saya baca..tapi kalo buku yang gak sesuai keinginan kok jadi males bacanya yaah?kenapa bisa begitu yaaa..
    ada masukan buat saya?
    mampir..mampirr..
    catatanraufmendunia.wordpress.com

    1. membaca sangat terkait erat dengan motivasi. semakin tinggi level motivasi semakin semangat kita membaca. motivasi bisa diartikan sebagai “reason to do”. jika alasan untuk membaca besar, tidak akan ada yg menghalangi kita utk mulai membaca. walaupun terkadang alasan itu adalah keterpaksaan. Misalnya, kalo mau ujian mau nggak mau kita harus baca buku kuliah. Bener kan? Tapi motivasi bisa diciptakan kok… keterpaksaan juga sumber motivasi lho.

  4. iya juga yaaahh..ternyata memang perlu memaksa diri nih..
    btw..selamat tahun baru bang!!
    semoga tahun baru makin punya banyak karya-karya baru yang berguna buat diri sendiri dan orang lain..amiiinnn!!
    mampir-mampir..
    sering-sering mampir..
    isi komen dong bang seputar penulisan saya..apa yang kurang dan harus diperbaiki..
    mampir juga di blog satu lagi di
    raufmendunia.multiply.com
    ciaaaatttt..makin semangat menulis!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *