Persiapan keuangan sebelum menikah

Menikah adalah momen penting dalam kehidupan manusia. Bisa dikatakan ketika menikah maka kita telah mengubah jalan hidup. Dari hidup membujang dan terkadang masih tergantung dengan keluarga, jadi hidup berdua dan membangun keluarga sendiri. Untuk itu, sebelum menikah perlu ada persiapan khusus.

Salah satu yang perlu dipersiapkan adalah keuangan.  Persiapan keuangan diperlukan bukan hanya untuk momen pernikahannya saja tapi juga untuk kehidupan setelah ijab kabul diucapkan. Sebenarnya kebutuhan uang untuk pernikahan jumlahnya relatif bisa besar, bisa juga kecil. Kita bisa menikah secara sederhana atau besar-besaran sangat tergantung kepada kesepakatan kedua belah pihak.

Hal yang lebih penting untuk dipersiapkan adalah kehidupan setelah menikah karena pasangan baru itu harus hidup mandiri, tidak lagi tergantung kepada orangtua. Salah satunya adalah kebutuhan tempat tinggal. Ada yang sementara tinggal bersama orangtua, ada yang memilih untuk mengontrak rumah tapi ada juga yang sudah siap tinggal di rumah milik sendiri.

Oleh karena itu, persiapan keuangan sebelum menikah sangat penting bagi anda yang akan menempuh hidup baru. Ada beberapa langkah yang perlu diambil diantaranya yaitu:

Langkah pertama, tentukan target kapan akan menikah. Misalnya umur anda sekarang 23 tahun dan ingin menikah pada usia 25 tahun. Artinya anda punya waktu 2 tahun untuk melakukan persiapan. Tanpa target waktu, anda tidak akan tahu berapa waktu yang tersedia untuk mempersiapkan diri.

Langkah kedua, tentukan berapa banyak target uang yang harus disiapkan. Tidak ada patokan yang pasti berapa jumlah uang yang harus kita siapkan untuk menikah karena sifatnya yang sangat fleksibel. Namun, kita tetap perlu menentukan jumlah uang yang harus kita kumpulkan. Salah satu caranya adalah dengan mencari informasi dari keluarga dan kawan-kawan yang sudah menikah.

Mengapa kita perlu menentukan target waktu kapan menikah dan target uang yang harus disiapkan?

  • Terarah

Hidup akan lebih terarah karena fokus kita semakin jelas. Apalagi jika target menikahnya semakin dekat. Kita tidak membuang waktu dan uang untuk aktifitas yang tidak berguna.

  • Termotivasi

Semangat untuk mengumpulkan uang akan semakin tinggi karena target yang yang ditetapkan akan membuat kita termotivasi.

  • Mendekatkan diri dengan cita-cita

Apapun cita-cita kita jika sudah ditetapkan targetnya akan lebih mudah dicapai. Tanpa target yang jelas, cita-cita untuk menikah hanya akan menjadi angan-angan saja.

  • Memudahkan membuat perencanaan

Dengan target yang jelas, perencanaan akan mudah dibuat. Perencanaan sangat diperlukan untuk mempersiapkan diri sebelum menikah. Termasuk menyiapkan urusan keuangan.

Kita ambil contoh ada seorang lelaki yang mau menikah 2 tahun lagi dengan target uang yang harus disiapkan sebanyak 15 juta rupiah. Kita menggunakan rumus matematika sederhana, 15 juta dibagi 24 bulan hasilnya 625 ribu. Itulah jumlah uang yang harus anda kumpulkan per bulan selama 2 tahun. Untuk itu, perlu kedisiplinan tinggi untuk menabung dalam jumlah tetap dengan jangka waktu yang lama. Cara termudah agar anda dipaksa menabung adalah dengan debit langsung dari rekening gajian anda setiap bulan, pindahkan ke rekening bank khusus untuk persiapan menikah.

Cara menyimpan uang disesuaikan dengan target waktu menikah. Jika target menikahnya 1 tahun lagi, anda bisa simpan uangnya dalam tabungan di bank. Apabila target waktu menikahnya lebih dari 1 tahun, anda bisa menyimpan uang dengan membeli logam mulia seperti emas batangan. Bahkan jika target menikahnya lebih dari 3-4 tahun lagi, anda bisa menyimpan uang dalam instrument investasi seperti reksadana.

Hal ini dilakukan agar nilai uang yang anda kumpulkan tidak berkurang, bahkan bisa bertambah karena diinvestasikan. Tentu saja ada resikonya juga karena bisa saja terjadi kerugian. Resiko tersebut bisa diminimalkan dengan memilih portofolio investasi yang beresiko kecil seperti reksadana pendapatan tetap.

Anda bisa melihat video animasi yang saya buat tentang persiapan keuangan sebelum menikah di youtube. Ini linknya. Semoga bermanfaat untuk persiapan anda menikah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *