Pentingnya Percaya Diri (1)

Banyak orang yang merasa malu, ragu, takut dan tidak mau mengungkapkan pendapat di depan umum. Apalagi kalau disuruh maju ke depan. Begitu juga kalau diminta untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan. Itulah salah satu gejala dari “penyakit” tidak percaya diri (pede) alias minder.
Minder seperti virus yang membuat lemah dan tak berdaya manusia. Tidak berani melakukan sesuatu padahal bisa jadi sesuatu itu adalah hal penting bagi dirinya. Sementara percaya diri sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Percaya diri sangat penting sebagai langkah awal kesuksesan.
Pentingnya percaya diri ada beberapa hal, tulisan pertama ini hanya akan membahas satu faktor saja yaitu percaya diri sebagai energizer.
Percaya diri akan menjadi energizer atau memberi energi dalam kehidupan. Orang yang pede akan memiliki energi dan semangat tinggi. Mirip dengan batere energizer yang memberikan kekuatan penuh untuk alat elektronik seperti mainan anak untuk terus bergerak.
Mereka yang percaya diri selalu punya semangat untuk menjalankan semua aktifitas karena mereka yakin dengan kemampuan dirinya. Keberhasilan hidup tergantung dari usahanya sendiri. Orang yang pede cenderung untuk memiliki insiatif dan lebih mandiri.
Bisa kita bandingkan dengan orang yang tidak percaya diri, mereka sering tak punya motivasi untuk beraksi. Harus didorong dan diberi semangat oleh orang lain untuk berbuat. Tidak punya insiatif karena merasa minder dengan kemampuan dirinya.
Percaya diri adalah energi untuk memotivasi diri. Energi yang sangat dibutuhkan untuk memulai hari. Yakinlah, tidak ada kesuksesan yang akan datang sendiri. Kita harus menjemput dan meraihnya dengan usaha.
Self confidence is a source for energy. The power to do more (@farhan)
Apa anda sudah percaya diri?
bersambung …

6 thoughts on “Pentingnya Percaya Diri (1)”

  1. Bagaimana caranya menghilangkan rasa minder? Saya punya masalah dengan rasa minder ini dan sangat sangat sulit di hilangkan meskipun saya sudah coba untuk percaya diri apalagi saat berhadapan dengan orang banyak mohon bantuan nya…

    1. Penyebab mindernya hrs dicari dulu. Tiap org punya kelebihan & kekurangan. Fokus aja pd kelebihan diri. Jgn memandang terlalu tinggi org lain & jgn memandang rendah diri sendiri. Semua manusia dilahirkan sama. Kalo mereka bisa pede, kita jg hrs bisa.

  2. Terima kasih atas bantuan nya…dan suportnya akan saya coba…soalnya saya udah gk kuat dengan rasa minder ini…rasanya tersiksa sekali…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *