Pemoeda Doeloe & P3mud4 53k4r4n9

Kalo anda bingung baca judulnya wajar aja soalnya judul tulisan ini dibuat sesuai dengan zamannya. Pemuda dulu & Pemuda Sekarang. Itu judulnya, tulisan ini dibuat untuk mengingatkan tentang soempah pemoeda (susah juga pake ejaaan lama) yang pernah dilakukan para pemuda dulu. Bisa jadi pemuda sekarang sudah banyak yang melupakan peristiwa itu. Apalagi mengamalkan dan meneruskan perjuangannya.
Apakah ada bedanya pemuda dulu dan sekarang? Pastilah, situasi dan kondisinya kan sudah berubah. Kalo gitu apa perbedaannya?
1. Pemuda dulu sudah tua, pemuda sekarang yah masih muda dong. Bener kan? Bener juga sih.
2. Dulu ada sumpah pemuda, sekarang sebagian pemuda disumpahin sama orang tuanya sendiri atau masyarakat karena cuma bisa bikin onar dan rusuh saja.
3. Pemuda dulu angkat senjata mengusir penjajah, pemuda sekarang angkat senjata untuk tawuran.
4. Pemuda dulu bangga berbahasa Indonesia yang baik dan benar, p3mud4 53k4r4n9 p4k3 b4h45a 4l4y.
5. Mereka bangga jadi bangsa Indonesia, anak muda zaman sekarang lebih bangga pake produk luar negeri, ngomong bahasa asing, liburan ke manca negara, penampilan kayak bule dan sebagainya.
Kayaknya negatif semua pemuda sekarang, sebenarnya nggak juga. Banyak pemuda sekarang yang berprestasi di berbagai bidang. Contohnya kayak gini;
1. Banyak pemuda Indonesia yang juara olimpiade tingkat dunia untuk pelajaran matematika, fisika, kimia, dan lain sebagainya
2. Banyak pemuda Indonesia yang berprestasi akademis dan menjadi dosen atau peneliti di luar negeri. Salah satu alasan mereka tidak bekerja di negeri sendiri karena kurangnya penghargaan dan tidak diberi fasilitas yang mendukung.
3. Banyak pemuda sekarang sudah mandiri mencari penghasilan sendiri dengan menjadi pengusaha sukses.
4. Banyak penulis muda Indonesia yang karyanya dikenal dunia internasional. Misalnya Andrea Hirata.
Masih banyak lagi contoh lainnya. Tidak bisa saya sebutkan satu persatu prestasi anak negeri yang membanggakan. Terkadang prestasi dan potensi pemuda sekarang tertutup oleh perbuatan segelintir pemuda yang memalukan. Dari mulai tawuran, seks bebas, narkoba, korupsi dan semacamnya.
Itulah sekilas perbedaan pemuda dulu dan pemuda masa kini. Memang zamannya sudah beda, kita tidak bisa membandingkan dan mengharapkan pemuda sekarang akan melakukan hal yang sama seperti pemuda dulu. Mungkin spirit dan idealismenya sama hanya cara mewujudkannya yang berbeda. Pemuda dulu dan sekarang memiliki potensi dan prestasi, hanya bentuknya yang berlainan. Saya yakin anda juga punya prestasi, bener kan?

4 thoughts on “Pemoeda Doeloe & P3mud4 53k4r4n9”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *