Motivasi menulis

Apa pekerjaan yang tidak membutuhkan ijazah? Apa pekerjaan yang tidak perlu KKN (korupsi, kolusi & nepotisme)? Pekerjaan apa yang tidak perlu kantor? Pekerjaan apa yang tidak perlu waktu khusus? Jawabannya adalah penulis.
Menulis bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja kita berada. Penulis adalah profesi yang bisa menghasilkan uang jutaan rupiah atau bahkan milyaran. Semua tergantung dari hasil tulisan kita dan bagaimana memasarkannya. Jadi mulailah untuk menulis sekarang juga.
Untuk menambah motivasi anda menulis, ada beberapa alasan mengapa menulis itu harus kita lakukan yaitu:
1. Saya menulis maka saya ada. Seorang filosof yang mengembangkan paham eksistensialisme yaitu Nietsche mengatakan bahwa saya berfikir maka saya ada. Pemikiran tersebut sekarang berkembang menjadi saya menulis maka saya ada. Menulis adalah bukti eksistensi seorang manusia terpelajar dan modern.
2. Saya menulis maka saya belajar. Seorang penulis adalah pembelajar sejati. Dia selalu haus akan ilmu. Untuk menulis, kita harus banyak membaca, mencari sumber informasi, mengolahnya menjadi tulisan yang layak untuk dibaca. Eni Kusuma, seorang pembantu rumah tangga asal banyuwangi yang bekerja di Hongkong berhasil menulis buku motivasi berjudul Anda Luar Biasa.
3. Saya menulis maka saya kaya. JK Rowling penulis serial Harry Potter adalah penulis terkaya di dunia. Pada tahun lalu, penghasilannya mencapai 170 juta Poundsterling atau sekitar 9 USD per detik. Menurut Sunday Times, total kekayaannya mencapai 560 juta Poundsterling (sumber: Kompas, 5 Oktober 2008). Andrea Hirata mendapatkan milyaran rupiah dari tetralogi laskar pelangi. Filmnya mencatat sejarah sebagai film yang paling banyak ditonton di bioskop Indonesia. Habiburrahman El Shirazy berhasil mendirikan pesantren modern karena bukunya ayat-ayat cinta, ketika cinta bertasbih dll jadi best seller dan dijadikan film layar lebar.
4. Saya menulis maka saya beribadah. Jika kita menulis tentang kebaikan dan orang lain menjadai terinspirasi atau termotivasi, maka kita sebenarnya sama dengan berdakwah. Kita akan mendapatkan pahala dan menulis menjadi bagian dari ibadah.

3 thoughts on “Motivasi menulis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *