Motivasi Bekerja


Tulisan ini dibuat di awal tahun 2011, untuk memberikan motivasi untuk saya sendiri dan semua orang yang ingin bekerja lebih semangat di tahun ini. Apa sebenarnya yang membuat kita termotivasi untuk bekerja?
Ada 4 alasan yang memotivasi seseorang untuk bekerja yaitu:

1. To live: ini adalah alasan utama dan pertama yaitu untuk hidup. Bekerja untuk mencari nafkah, membiayai hidup untuk diri sendiri dan keluarga. Motivasi bekerja hanya untuk mendapatkan uang. Tidak salah dan sangat wajar sebenarnya. Hanya terkadang motivasi “sempit” ini membuat kita tidak terlalu semangat untuk bekerja. Apa yang dilakukan hanya sebatas memenuhi kewajiban saja. Tidak ada motivasi untuk berbuat lebih banyak dan lebih baik.
2. To love: orang bekerja karena cinta. Bisa karena cinta kepada pekerjaannya, tempat bekerjanya atau seseorang yang bekerja bersamanya. Cinta adalah salah satu sumber motivasi terbesar. Orang yang bekerja karena cinta akan melakukan apa saja untuk mensukseskan apa yang dikerjakan. Terkadang jumlah uang dan waktu yang terbuang bukan lagi pertimbangan. Mereka enjoy bekerja dan menikmatinya.
3. To learn: bekerja untuk belajar. Mereka bekerja dengan semangat karena bisa mendapatkan banyak pelajaran dari pekerjaannya. Suasana bekerja yang asyik dan mendorong pekerja untuk terus mengembangkan diri. Ide-ide dihargai dan kreatifitas terus dinanti. Mereka bekerja untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman bukan sekedar penghasilan.
4. To leave a legacy: bekerja untuk meninggalkan warisan bagi para penerus. Warisan bukan hanya berupa uang atau materi. Justru warisan yang lebih berharga adalah karya. Biasanya yang bekerja untuk meninggalkan warisan adalah para pekerja mandiri seperti pengusaha, penulis, seniman, ilmuwan dan lain sebagainya. Mereka ingin meninggalkan jejak untuk penerusnya berupa karya yang harus diteruskan dan dikembangkan oleh anak cucunya.
Sudah ada di level mana motivasi bekerja anda? Kalau bekerja baru sebatas untuk menyambung hidup, kita masih berada di level motivasi terendah. Coba kita tingkatkan terus motivasi bekerja kita hingga level tertinggi. Bekerja untuk meninggalkan warisan berupa karya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *