Merubah Mitos Sukses

Ada beberapa mitos atau cara pandang tentang sukses yang harus dirubah karena bisa menghambat kesuksesan. Bahkan mitos itu akan menghalangi kita untuk memulai langkah. Membuat kita ragu hingga tak pernah maju. Apa saja mitos itu?
1. Sukses itu HAL BESAR.
Seringkali orang beranggapan sukses itu hanya mencakup hal-hal yang besar saja. Kalo orang berhasil meraih atau mendapatkan sesuatu yang bernilai besar baru dianggap sukses. Misalnya; punya rumah besar, mobil bagus, jadi pejabat dan sebagainya. Padahal sukses itu bisa apa saja. Keberhasilan melakukan atau mencapai sesuatu yang diinginkan adalah sebuah kesuksesan. Bisa bikin tulisan di blog itu sukses. Tulisan kita dibaca dan dikasih comment sama orang lain itu juga sukses. Bisa hidup mandiri walaupun belum jadi orang kaya itu sudah sukses. Daripada hidup tergantung sama orang tua yang kaya. Iya nggak?
2. Sukses itu SULIT. Ya benar, tidak ada sukses yang diraih dengan mudah tanpa perjuangan. Sukses memang sulit tapi mungkin bisa tercapai. Sangat mungkin asalkan mau berusaha. Banyak orang yang menganggap sukses itu sulit dan susah untuk diraih. Akhirnya mereka malas untuk berjuang dan terbelenggu oleh kata-kata “sulit”. Seharusnya kita termotivasi oleh kata-kata “mungkin” atau “sangat mungkin” sukses itu bisa kita dapatkan.
3. Sukses itu MATERI. Pandangan umum di masyarakat orang sukses itu yang punya banyak materi alias harta. Standar sukses bagi mereka hanya yang bisa terlihat oleh mata saja. Rumah, kendaraan, perhiasan, pakaian, dan sebagainya. Orang sukses itu penampilannya keren, selalu pakai baju bermerek, nenteng hape mahal, turun naik mobil pribadi dan sebagainya. Sukses bukan hanya materi. Terlalu sempit kalo membatasi makna sukses hanya dengan bertambahnya jumlah materi yang dimiliki. Sukses juga terkait dengan kebahagiaan hati. Buat apa kaya tapi tidak bahagia. Setiap kali kebahagiaan kita bertambah karena bertambahnya ilmu, keluarga yang rukun, badan sehat dan sebagainya itu adalah sebuah kesuksesan.
4. Sukses itu DUNIA. Ada sebagian orang yang menghalalkan segala cara untuk bisa meraih apa saja yang diinginkan di dunia. Tak peduli merugikan orang lain, yang penting aku senang aku menang. Kayak lagunya Iwan Fals “Bento”. Ketika manusia sibuk mengejar kesuksesan dunia, dia tidak akan berfikir tentang kebaikan dan kebenaran. Sukses dengan cara apapun, kalo nggak bisa pake cara halus yah pake cara kasar juga gak masalah bagi mereka. Padahal sesungguhnya sukses itu bukan hanya dunia semata. Tiap manusia pasti akan mati, itu sudah pasti tidak bisa ditawar-tawar lagi. Kalo cuma sukses dunia terus di akhirat sengsara, buat apa. Sukses dunia, sukses di akhirat, itu seharusnya.
Itulah mitos-mitos sukses yang harus dirubah agar bisa sukses lebih mudah. Sukses bukan dimulai dari tindakan tapi dimulai dari pikiran. Cara pandang yang benar tentang sukses akan membuat kita lebih meyakini jalan kesuksesan yang akan kita tempuh. Perlahan tapi pasti sukses demi sukses akan kita raih. Salam sukses…

4 thoughts on “Merubah Mitos Sukses”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *