Menjadi Yang Terbaik (2)

Sebelum baca tulisan ini, harus baca tulisan sebelumnya di sini http://akhmadfarhan.wordpress.com/2012/01/25/menjadi-yang-terbaik-1/ karena apa yang ditulis di sini adalah kelanjutannya. Tulisan sebelumnya telah membahas tahapan untuk menjadi yang terbaik yaitu memiliki kemauan untuk menjadi yang terbaik (willingness to be the best), merasa diri yang terbaik (feel the best) dan rencanakan untuk menjadi yang terbaik (plan to be the best). Oke, sekarang kita lanjutkan ke langkah berikutnya yaitu:
4. Belajar dari yang terbaik (Learn from the best)
Untuk menjadi yang terbaik di bidangnya kita harus belajar dari orang-orang terbaik yang ada di bidang tersebut. Belajar bisa dilakukan dengan berbagai cara. Cara yang paling mudah adalah dengan membaca buku, media massa, blog atau website. Bisa juga dengan mendengarkan pidato atau ceramah secara langsung atau melalui rekaman.
Lebih baik lagi jika kita sering menyempatkan diri menghadiri seminar, diskusi atau pelatihan. Bahkan jika memungkinkan kita bisa belajar langsung ke ahlinya. Cari pakar dibidang yang ingin kita kuasai, kita minta kesediaannya untuk menjadi mentor. Jadi kita punya guru yang akan membimbing dan mengarahkan untuk menjadi
yang terbaik.
5. Persiapan untuk menjadi yang terbaik (prepare to be the best)
Tidak cukup hanya dengan persiapan ilmu, siapkan juga fisik dan mental kita. Menjadi yang terbaik perlu badan sehat dan kuat karena kita harus belajar dan bekerja lebih giat. Mental yang tangguh dan tahan uji juga perlu kita miliki karena akan banyak cemoohan, ledekan atau komentar negatif yang akan menghalangi.
Kesiapan mental juga dibutuhkan ketika kita sudah berhasil mencapai apa yang diinginkan. Siapkan mental ketika sukses sudah datang. Jangan jadi sombong dan membanggakan kekayaan. Oh ya, jangan lupa sarana pendukung tidak boleh dilupakan. Keberadaan materi dan uang tidak bisa dikesampingkan untuk menjadi yang terbaik.
6. Lakukan yang terbaik (do the best)
Tidak ada kesuksesan yang jatuh dari langit. Apapun yang anda lakukan, lakukanlah yang terbaik. Jangan setengah-setengah dalam mengerjakan sesuatu. Selalu berikan yang terbaik yang kita bisa. Hasil terbaik hanya akan didapatkan dari kerja terbaik. Kita hanya akan mendapatkan hasil dari apa yang kita usahakan.
7. Berharap yang terbaik (hope for the best)
Setelah melakukan segalanya, berharaplah untuk mendapatkan yang terbaik. Kita hanya manusia biasa yang hanya bisa berusaha. Manusia tidak bisa memastikan hasilnya. Untuk itu, kita perlu memohon kepada yang Maha Kuasa agar diberikan hasil terbaik. Berdo’a tak boleh dilupakan dalam segala aktifitas kita.
Be the best or be behind…

3 thoughts on “Menjadi Yang Terbaik (2)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *