Menjadi Yang Terbaik (1)

Mau jadi orang baik apa orang nggak baik? pasti semua orang menjawab mau jadi orang baik. Tapi kalo ditanya mau jadi orang yang terbaik di bidangnya nggak? Kalo masih sekolah jadi pelajar terbaik, mahasiswa terbaik, pekerja terbaik, atau yang lainnya. Jawabannya belum tentu semua mau. Sebagian pasti bilang, ah saya pengen jadi orang yang biasa-biasa aja. Sangat sedikit yang punya keinginan untuk menjadi yang terbaik.
Padahal seharusnya setiap kita ingin menjadi yang terbaik di bidangnya masing-masing. Untuk menjadi yang terbaik bisa melakukan langkah-langkah berikut:
1. Memiliki kemauan untuk menjadi yang terbaik (Willingness to be the best)
Kemauan akan menumbuhkan tekad kuat dalam diri. Tekad itu akan diwujudkan dalam aksi atau perbuatan. Tanpa ada kemauan tidak mungkin akan ada perbuatan. Segala sesuatu harus diawali dengan kemauan dari dalam diri. Sehingga tujuan yang diinginkan bisa mudah tercapai.
2. Merasa diri yang terbaik (Feel the best)
Kita harus merasa diri menjadi yang terbaik tapi bukan untuk jadi sombong. Rasa ini dibutuhkan untuk meningkatkan percaya diri. Ada dasarnya kenapa kita harus menjadi orang yang penuh percaya diri karena;
a. Terbuat dari yang terbaik (Made from the best)
Semua manusia sebenarnya adalah mahluk istimewa karena kita berasal dari sel sperma SUPER yang berhasil mengalahkan jutaan saingannya untuk masuk ke dalam sel telur. Jadi kita terbuat dari sperma terbaik. Hanya bahan yang terbaik yang membentuk diri kita.
b. Otak yang terbaik (The best brain)
Otak manusia adalah komputer terhebat di dunia. Coba kita bandingkan lalat buah punya 100 ribu sel otak aktif, tikus 5 juta, monyet 10 milyar sedangkan manusia memiliki 100 milyar. Jadi manusia adalah mahluk yang memiliki otak terbaik. Tidak ada komputer atau alat apapun yang bisa mengalahkan otak manusia.
c. Bentuk terbaik (The best body)
Manusia diciptakan dengan bentuk fisik terbaik yang sesuai dengan kebutuhannya. Pernah nggak kita bertanya kenapa jari tangan jumlahnya 5? Coba bayangkan kalo jari tangan kita cuma 4 saja, pasti sangat repot ketika harus memegang atau membawa barang. Kenapa manusia punya alis? Ternyata alis berfungsi untuk menahan air atau keringat agar tidak masuk ke mata. Alis juga bikin kita tambah cantik dan ganteng, iya kan? Semua anggota tubuh punya fungsinya masing-masing. Silakan cari sendiri penjelasannya.
3. Rencanakan untuk menjadi yang terbaik (Plan to be the best)
Tentukan tujuan kita ingin menjadi yang terbaik di bidang apa. Tidak mungkin kita menjadi yang terbaik di semua bidang. Fokuslah di bidang tertentu yang menjadi minat kita. Tulislah target kita dalam selembar kertas dan masukkan ke dalam file digital. Buatlah langkah-langkah atau tahapan untuk menjadi yang terbaik disertai dengan batasan waktunya. Harus ada target waktu yang jelas kapan rencana ini akan dijalankan.
Bersambung ke bagian kedua…http://akhmadfarhan.wordpress.com/2012/01/26/menjadi-yang-terbaik-2/

3 thoughts on “Menjadi Yang Terbaik (1)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *