Mengapa Orang Kaya Semakin Kaya?

Kita sering mendengar ungkapan orang kaya semakin kaya sementara orang miskin semakin miskin. Ungkapan itu ada benarnya meskipun tidak selalu sama dengan kenyataan. Ada juga orang kaya yang berubah menjadi miskin dan ada juga orang miskin yang berhasil menjadi kaya. Tentu semua tergantung orangnya.

Memang sangat mungkin orang kaya bisa semakin kaya jika mampu mengoptimalkan kekayaan yang dimilikinya supaya terus bertambah. Begitu juga orang miskin yang tak mau dan tak mampu merubah mindset dan actionnya akan tetap berada di kubangan kemiskinan. Bagaimana caranya orang kaya bisa semakin kaya?

  • Mereka investasikan uangnya ke asset yang produktif

Orang kaya yang cerdas akan menginvestasikan uangnya ke asset yang produktif. Mereka akan membeli asset yang bisa memberikan keuntungan seperti properti. Misalnya mereka akan membeli rumah atau apartemen yang bisa memberikan penghasilan berupa uang sewa. Bisa juga membeli tanah yang punya prospek bagus dan harganya semakin tinggi.

  • Mereka punya banyak sumber penghasilan

Orang kaya yang pintar tidak pernah hanya mengandalkan satu sumber penghasilan. Mereka punya berbagai sumber penghasilan yang bisa menambah pundi-pundi kekayaan. Sumber penghasilan orang kaya bisa berasal dari keuntungan usaha, bunga atau bagi hasil dari investasi keuangan, dividen dari saham, uang sewa dari asset properti, royalti dari hak cipta, dan lain sebagainya. Mereka bukan hanya punya pendapatan aktif (active income) tapi juga punya pendapatan pasif (passive income).

  • Mereka punya perencanaan dan target keuangan yang jelas

Orang kaya yang pandai punya perencanaan dan target keuangan yang tersusun dengan rapi. Mereka sudah memetakan berapa banyak kekayaan yang mereka miliki dan apa yang akan mereka lakukan dengan kekayaan tersebut. Mau investasi apa?, beli properti dimana? sudah tergambar sesuai dengan target yang ingin dicapai. Jadi mereka tidak akan sembarangan membelanjakan uangnya.

  • Mereka mengecek kondisi keuangannya setiap hari

Berbagai kemudahan teknologi memudahkan mereka mengecek kondisi keuangannya setiap hari. Cukup membuka hape akan terlihat nilai investasi mereka di deposito, obligasi, saham, dan lain sebagainya. Informasi yang didapatkan dengan cepat dan tepat akan memudahkan mereka mengambil keputusan, kapan akan menjual atau membeli. Dengan demikian keuntungan akan bisa didapatkan.

  • Mengoptimalkan hutang untuk meraih keuntungan

Orang kaya tidak selalu bebas dari hutang. Bahkan seringkali hutangnya juga besar. Namun, mereka tidak akan sembarangan berhutang. Hutang yang diambil hanya untuk kepentingan yang produktif. Hutang harus mendatangkan keuntungan. Bukan berhutang untuk membeli barang untuk dipamerkan atau sekedar untuk menaikkan status sosial.

  • Mereka mau belajar dan mudah beradaptasi terhadap perubahan

Inilah bedanya orang kaya yang semakin kaya dengan orang biasa. Mereka mau terus belajar dan mudah beradaptasi dengan perubahan. Hal ini membuat mereka menjadi pandai melihat peluang dan mengambil keuntungan. Sementara yang tidak mau belajar dan betah berada di zona nyaman tidak akan berubah posisinya. Hanya menikmati yang sudah dimiliki dan perlahan tapi pasti kekayaannya akan habis juga tanpa disadari.

Itulah alasan mengapa orang kaya bisa semakin kaya. Meskipun kita belum kaya, kita juga bisa mengambil pelajaran dari tulisan ini. Kita bisa ikuti langkah-langkah yang dilakukan orang kaya. Semoga kitapun bisa menjadi kaya dan semakin kaya namun tetap bersahaja dan bermanfaat untuk sesama.

One thought on “Mengapa Orang Kaya Semakin Kaya?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *