Mengapa kita harus punya tujuan hidup?

Salah satu pertanyaan yang membingungkan adalah ketika ditanya apa sih tujuan hidup kita? Bukan hanya itu, pertanyaan yang lebih sederhana sekalipun seperti masa depan seperti apa yang kita inginkan? Mau jadi apa kita? Terkadang kita tak tahu mau menjawab apa.
Mereka yang tidak bisa menjawab pertanyaan di atas berargumen kami hidup mengalir seperti air, mengikuti kemana pun angin bertiup. Kalo airnya nggak ngalir alias mampet gimana? Masih mending kalo airnya ngalir ke laut, kalo ngalir ke kubangan kotor mau ikut juga?
Seberapa pentingkah menentukan tujuan dalam hidup? Pada tahun 1979 lulusan program MBA di Harvard ditanya, “Apakah anda membuat tujuan yang jelas dan tertulis untuk masa depan dan membuat rencana tindakan untuk mencapainya?” Hasilnya hanya 3% dari semua lulusan yang punya tujuan dan rencana tertulis, 13% memiliki tujuan tapi tidak tertulis, sedangkan mayoritas 84% sama sekali tidak memiliki tujuan tertentu.
10 tahun kemudian, tahun 1989 diadakan wawancara dengan anggota kelas itu lagi. Hasilnya 13% yang punya tujuan tapi tidak ditulis mendapatkan penghasilan rata-rata 2 kali lebih banyak daripada 84% yang tidak punya tujuan sama sekali. Yang mengejutkan 3% dari lulusan yang punya tujuan tertulis bisa mendapatkan penghasilan rata-rata 10 kali lebih banyak daripada 97% lainnya.
Kesimpulan dari penelitian itu adalah memiliki tujuan hidup dan rencana tertulis untuk mencapai tujuan itu sangat penting. Tujuan hidup yang jelas membuat kita fokus dalam melangkah. Arah yang dituju sudah kita tahu. Gak bakalan nyasar dan tersesat.
Rencana tertulis membantu kita menapaki anak tangga kehidupan. Step by step, selangkah demi selangkah. Waktu yang kita habiskan hanya untuk mencapai tujuan. Bukan untuk bersantai tanpa tujuan atau melangkah tanpa arah.
Orang yang tidak punya tujuan hidup tidak akan pernah berhasil mencapai apa yang diinginkan. Bagaimana mau mencapai tujuan kalo tidak tahu apa yang diinginkan? Kutahu yang kumau. Gitu seharusnya. Apa yang kita mau harus jelas dan tertulis.
Oke, mulai sekarang tulislah apa yang ingin anda capai dalam hidup ini. Tulis juga kapan anda ingin mencapainya. Misalnya; lulus kuliah tahun 2012. Menikah tahun 2013. Dengan target yang jelas tersebut akan memudahkan kita untuk mencapai tujuan. Gampang kan buatnya?
Tulisah tujuan hidup dan rencana untuk mencapainya di buku harian, laptop, atau HP anda. Untuk mengingatkan anda, print out tulisan tersebut dan tempelkan di dalam kamar. Supaya anda setiap hari melihatnya dan termotivasi untuk meraihnya. Selamat mencoba…semoga kita semua bisa meraih apa yang kita inginkan.

14 thoughts on “Mengapa kita harus punya tujuan hidup?”

  1. Betul sekali, bahkan mereka-mereka yang sudah berumur pun kalau ditanya tujuan hidup kebingungan. Kebanyakan setiap orang berjalan dengan pola yang sudah umum di masyarakat, dan sedikit sekali mereka yang punya tujuan hidup yang jelas. Dan terbukti hanya beberapa orang saja yang mencapai prestasi luar biasa, sedang yang lain menjadi orang yang rata-rata. Terima kasih inspirasinya, untuk tetap mengingatkan saya memiliki tujuan hidup yang jelas. Salam kenal.
    http://ftw1974.blogspot.com/2011/11/ajakan-bertukar-link.html

  2. Betul sekali dan saya sangat setuju, bahkan mereka-mereka yang sudah berumur pun kalau ditanya tujuan hidup kebingungan. Kebanyakan setiap orang berjalan dengan pola yang sudah umum di masyarakat, dan sedikit sekali mereka yang punya tujuan hidup yang jelas. Dan terbukti hanya beberapa orang saja yang mencapai prestasi luar biasa, sedang yang lain menjadi orang yang rata-rata. Terima kasih inspirasinya, untuk tetap mengingatkan saya memiliki tujuan hidup yang jelas. Salam kenal.
    http://ftw1974.blogspot.com/2011/11/ajakan-bertukar-link.html

    1. yoi bro, setiap pagi kita tulis dulu apa yang mau kita lakukan hari ini…waktu yang kita miliki di dunia ini terbatas jadi harus dioptimalkan..

  3. bagus motifasi hidup harus coz apapun yg terjadi di dpn nanti adalah konsekwensi hidup dan harus ttp di hadapi gk ada yg berhasil tanpa adanya kegagalan belajar dan semangat juang iklas tanpa mengeluh salam sukses dan terus berjuang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *