Mengapa kita harus punya target dalam berbisnis?

Seringkali orang yang baru mulai berbisnis tidak membuat target dalam menjalankan usaha. Mereka hanya menjalankan bisnis apa adanya yang penting bisa berjalan. Hal ini juga sering dilakukan oleh para pengusaha kecil yang usahanya sudah berjalan. Padahal perusahaan besar dan dikelola secara profesional selalu membuat target agar usahanya terus bertambah maju.

Pembuatan target sangat penting dalam bisnis. Target yang dibuat akan membantu pengusaha untuk:

  1. Memberikan arah

Dengan adanya target, kita bisa tahu akan dibawa kemana bisnis ini. Tanpa target, kita ibarat perahu yang akan berlayar di lautan tanpa tujuan. Bisnis harus punya arah yang jelas. Apakah kita akan membuat bisnis untuk tujuan ekspor atau hanya sekedar sukses di negeri sendiri. Bisa juga bisnis yang kita buat hanya untuk skala lokal, mungkin tingkat kabupaten/kota saja.

Target akan mengarahkan jalannya bisnis menuju tujuan. Kita bisa membuat target tahunan, bulanan, mingguan dan harian. Pembuatan target disesuaikan dengan jenis usaha, skala usaha yang dibuat dan kondisi pasar.

  • Menumbuhkan semangat

Target akan membuat kita semangat berusaha dengan segala upaya untuk meraihnya. Tentu saja target yang dibuat harus spesifik, realistis, bisa diukur dan secara logika bisa dicapai. Target satu tahun bisa dibagi menjadi 12 bulan. Target bulanan bisa dipecah menjadi target mingguan sampai harian.

Jika anda punya usaha menjual produk secara online maupun offline, target penjualan perlu dibuat. Untuk awal berusaha, targetnya jangan terlalu besar dulu. Fokuslah pada pengenalan produk dan toko anda. Semakin lama berbisnis, target harus terus bertambah.

  • Menambah tantangan

Pada dasarnya semua orang suka menerima tantangan karena tantangan bisa menjadi motivasi untuk berusaha lebih giat lagi. Tantangan harus terus dimunculkan agar kita tidak mengalami kejenuhan. Biasanya orang yang tidak menemukan tantangan akan merasa bosan dan tidak semangat beraktifitas.

Salah satu cara menumbuhkan tantangan adalah dengan membuat target untuk dicapai. Target bisa dibuat sendiri oleh pemilik usaha atau dirundingkan bersama dengan pekerja. Semua pekerja bisa diminta masukan untuk membuat target bagi diri mereka sendiri. Target yang dibuat sendiri tentu akan membawa konsekuensi. Mereka akan berusaha keras untuk mencapai target yang sudah dibuat.

  • Memacu kreatifitas

Target akan memacu kreatifitas. Jika kita membuat produk sendiri untuk dijual maka target akan menumbuhkan kreatifitas di semua bidang. Diawali dari proses desain produk yang mesti disesuaikan dengan selera pasar. Cara promosi pun harus dibuat sekreatif mungkin untuk menarik perhatian. Begitu juga dengan cara penjualannya, tidak bisa mengandalkan cara konvensional.

Semua jenis usaha perlu kreatifitas tinggi agar bisa terus berkembang. Dunia di sekitar kita terus berubah, kita pun harus berubah juga. Jangan berbisnis dengan cara lama sementara orang-orang sudah berinteraksi dengan cara yang jauh berbeda.

Selamat berbisnis, semoga sukses….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *