Mengapa kita harus punya banyak keinginan?

Wah, yang bener masa sih kita harus punya banyak keinginan. Biasanya masyarakat akan menyebut orang yang punya banyak keinginan itu serakah, ambisius, gak tahu diri, tukang mimpi dan sebagainya. Julukan dan cemoohan dari orang-orang di sekitar kita itulah yang terkadang membuat kita menjadi ragu-ragu untuk melangkah lebih jauh. Kalo punya keinginan atau cita-cita itu yang sederhana aja, ojo neko-neko. Gitu katanya.
Kita harus punya banyak keinginan karena semua keinginan itu akan menjadi tujuan kita melangkah di jalan kehidupan ini. Baca tulisan ini “mengapa kita harus punya tujuan hidup?” supaya tahu kenapa hidup harus punya tujuan. Tanpa tujuan kita tidak akan mengarah kemana-mana, bisa jadi hanya akan berjalan di tempat saja.
Ada beberapa alasan kenapa kita harus punya banyak keinginan yaitu:
1. Keinginan adalah motivasi untuk menjalani hidup ini. Misalnya; seorang anak SMA punya keinginan untuk lulus ujian nasional dengan nilai yang memuaskan tanpa bantuan. Keinginan ini akan memotivasi dia untuk terus belajar dan berlatih.
2. Setelah kita mencapai satu keinginan, maka kekuatan dan kepentingan keinginan tersebut sudah tidak ada lagi. Ambil contoh si anak SMA tadi. Setelah dia berhasil mendapatkan apa yang dia inginkan yaitu lulus SMA dengan nilai memuaskan, dia tidak boleh berhenti. Dia harus punya keinginan lagi untuk bisa masuk perguruan tinggi favorit yang menjadi incaran ribuan pelajar. Dia juga harus punya keinginan untuk bisa jadi mahasiswa terbaik, bisa hidup mandiri dengan membayar uang kuliah sendiri dan sebagainya.
3. Setiap keinginan memerlukan waktu berbeda sebelum terwujud jadi kenyataan. Seorang laki-laki yang baru menikah punya misi untuk menjadi kepala keluarga yang amanah dan bertanggung jawab. Dia ingin punya rumah, mobil, penghasilan yang besar, karir yang bagus, istri yang setia dan anak-anak yang ceria. Punya banyak keinginan bukanlah mimpi di siang hari. Seabrek keinginan itu bisa jadi kenyataan. Mungkin dan sangat mungkin tercapai. Hanya perlu waktu untuk mewujudkan semua itu. Ada tahapan dan proses yang harus dilalui. Sebelum punya rumah sendiri mungkin harus mengontrak, belum punya mobil bisa pake motor dulu. Asalkan kita bersunguh-sungguh, semua keinginan bukanlah sebatas angan. Itu akan jadi kenyataan.
4. Kelimpahruahan merupakan hukum alam. Karunia Allah SWT berlimpah ruah tersedia bagi siapapun yang mau berusaha meraihnya. Manusia pun diberikan potensi yang tak terhingga. Manfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk mendapatkan semua yang diinginkan dengan cara yang baik dan tidak merugikan orang lain. Dengan kerja keras, cerdas dan ikhlas semua yang kita inginkan bisa diwujudkan. Jangan lupa beribadah dan berdoa karena itu bagian dari usaha.
Apapun yang kita inginkan, pengen pinter, kaya, terkenal, punya harta berlimpah, rumah mewah, badan gagah, boleh-boleh saja. Selama keinginan itu baik dan didapatkan dengan cara yang baik. Apalagi dimanfaatkan juga untuk kebaikan, berbagi dan peduli. Milikilah banyak keinginan karena itu akan memotivasi kita untuk terus berjuang. Ayo wujudkan semua keinginan…

7 thoughts on “Mengapa kita harus punya banyak keinginan?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *