Mengapa Kita Harus Berkarya di Usia Muda?

Mumpung kita masih muda ayo kita berhura-hura, senang-senang menikmati dunia. Itulah gaya hidup sebagian generasi muda. Mereka menghabiskan waktu untuk berkumpul dengan sesama, melakukan apa saja yang diinginkan. Terkadang tak kenal waktu, batasan dan aturan. Sayang banyak hal yang terbuang ada waktu, tenaga, pikiran dan uang.
Padahal masa muda seharusnya menjadi momen istimewa yang tak boleh terlewatkan begitu saja. Masa muda adalah saatnya berkarya. Saatnya menunjukkan jati diri dengan mengembangkan potensi yang dimiliki. Potensi berkembang menjadi prestasi berupa karya. Berkarya selagi muda, mengapa tidak?
Ada beberapa alasan mengapa masa muda harus dimanfaatkan untuk berkarya yaitu:
1.Fisik sehat dan kuat. Pada umumnya anak muda punya fisik yang lebih sehat dan kuat dibandingkan dengan orang yang lebih tua. Saat sehat dan kuat ini mesti dimanfaatkan untuk sesuatu yang bermanfaat. Gunakan untuk menghasilkan karya apapun bentuknya. Tentu yang baik dan berguna. Kalo sudah tua, sudah banyak keluhan di badan. Jangankan untuk berkarya, mengurus badan sendiri saja terkadang tak bisa.
2.Semangat membara. Anak muda semangatnya pasti panas membara seperti api melelehkan baja. Hot banget deh. Diberi tantangan pasti diladeni. Asal jangan salah ngasih tantangan. Ketika ditantang untuk tawuran, jadilah tawuran yang memakan korban. Coba kasih tantangan bikin mobil, jadilah mobil esemka.
3.Mudah belajar. Otak anak muda masih fresh, jadi belajarnya masih gampang. Apapun informasi akan terserap dengan cepat. Terkadang tanpa filter dan sensor, segala hal yang dilihat, didengar dan dirasakan langsung diterima begitu saja. Untuk itu, masukkan sebanyak mungkin kebaikan ke dalam otak anak muda agar mereka hanya belajar yang baik-baik saja.
4.Belum banyak tanggung jawab dan beban yang harus ditanggung. Anak muda belum punya tanggung jawab yang banyak, kalo belum menikah mereka hanya mengurus diri mereka sendiri saja. Begitu juga beban yang ditanggung hampir tidak ada. Belum ada kewajiban untuk menafkahi keluarga. Jadi pikiran mereka tidak tercabang dan terbagi. Anak muda bisa fokus untuk berkarya.
5.Banyak kesempatan. Jika kita mulai membuat karya di usia muda, banyak kesempatan yang tersedia. Banyak karya yang bisa dibuat dan kualitasnya pun bisa terus meningkat. Jadi segeralah membuat karya mumpung masih muda.
Begitu banyak alasan mengapa kita harus berkarya di usia muda. Tak perlu menunggu dewasa atau jadi orang tua untuk berkarya. Sudah banyak juga generasi muda yang membuat karya yang membanggakan dunia. Tapi sayang ada juga anak muda yang berkarya tapi tak bermakna. Bahkan bisa bikin masuk penjara. Contohnya ada anak muda yang mungkin terobsesi untuk jadi produser, sutradara dan aktor sekaligus. Akhirnya dia bikin film bareng pacarnya, jadilah film porno produksi sendiri yang menyebar ke seluruh penjuru negeri.
Gunakan masa mudamu sebelum datang masa tuamu. Nasihat bijak ini harus terngiang di hati semua anak muda saat ini. Buktikan kalo anak muda juga bisa. Ayo berkarya selagi muda….

5 thoughts on “Mengapa Kita Harus Berkarya di Usia Muda?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *