Belajar Cara Belajar

Keberhasilan seseorang dalam belajar di sekolah atau  kuliah bukan ditentukan oleh seberapa besar IQ yang dimiliki. Indikator keberhasilan belajar tidak hanya bisa dilihat dari nilai atau angka yang diraih semata. Namun yang lebih penting dari itu adalah apa yang bisa kita dapatkan dari proses belajar itu sendiri.

Apakah pengetahuan kita bertambah karena belajar?

Apakah keterampilan kita semakin banyak?

Apakah sikap atau perilaku kita lebih baik setelah belajar?

Untuk meraih keberhasilan dalam proses pembelajaran, terlebih dahulu kita harus belajar bagaimana cara belajar atau learning how to learn. Pengertian belajar di sini tidak dibatasi hanya berlangsung di dalam ruangan kelas. Proses belajar bisa berlangsung dimana saja dan kapan saja.

Keterampilan belajar sangat penting dikuasai oleh semua orang agar membantu kita dalam meraih kesuksesan. Tidak ada keberhasilan hidup yang diraih tanpa proses belajar. Untuk menjadi apapun kita harus belajar terlebih dahulu.

Ada beberapa keterampilan yang harus dikuasai agar kita berhasil dalam belajar yaitu:

  1. Keterampilan Mendengar (listening skill)
  2. Keterampilan Membaca (reading skill)
  3. Keterampilan Menulis (writing skill)
  4. Keterampilan Mencatat (note taking skill)
  5. Keterampilan Mengingat (memorizing skill)

Semua keterampilan di atas harus kita kuasai dengan baik agar proses belajar mendapatkan hasil yang optimal. Penjelasan untuk semua jenis keterampilan tersebut akan ditulis secara terpisah dalam tulisan yang lain di blog ini juga. Tunggu yah… keep your spirit of learning alive. Always learn wherever and whenever you are.

Jadilah pembelajar sejati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *