Kunci Sukses


Bagaimana cara menjadi orang sukses?
Pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh orang yang ingin sukses. Termasuk saya dan anda juga. Jawaban dari pertanyaan di atas beragam dan banyak versinya tergantung kepada siapa anda tanyakan.
Jawaban seorang CEO perusahaan multinasional tentu akan berbeda dengan pedagang bakso yang telah sukses membuka cabang dimana-mana. Mereka akan menjawab sesuai dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang telah dilalui. Namun, walaupun jawabannya tidak sama. Orang sukses memiliki kesamaan.
Mereka yang sudah sukses memiliki “kunci” tersendiri. Entah disadari dan direncanakan atau tidak mereka telah menggunakan kunci sukses yang sama. Kunci sukses itu adalah:

1. Belajar di saat orang lain tidur
Kunci yang pertama ini bisa diartikan secara tersurat ataupun tersirat. Secara harfiah berarti orang sukses akan terus belajar hingga malam hari ketika orang lain telah tertidur. Mereka belajar lebih banyak dan lebih serius daripada orang lain.
Arti tersirat dari kunci ini adalah orang sukses akan terus mencari ilmu ketika orang lain malas atau telah merasa puas. Keberhasilan hidup di dunia memang tidak pernah lepas dari ilmu. Jika kita ingin sukses di bidang apapun, kita harus menguasai ilmu. Sedangkan ilmu tidak bisa dibeli. Dia hanya bisa didapatkan dengan belajar.
2. Bekerja di saat orang lain terlena
Kunci kedua ini sangat jelas maknanya. Orang sukses terus bekerja tanpa pernah putus asa di saat orang telah terlena oleh indahnya dunia. Mereka tidak pernah menyerah dan mengaku kalah. Mencoba dan terus mencoba. Ulet, tekun, rajin dan ungkapan semacamnya adalah ciri khas yang melekat pada diri orang sukses.
3. Mempersiapkan diri di saat orang lain bermain-main
Kunci ketiga sukses tidak datang begitu saja. Sukses hanya akan menghampiri mereka yang sudah mempersiapkan diri. Contoh nyata tak ada tim sepakbola yang akan jadi juara dunia tanpa mempersiapkan diri sejak dini. Begitu pun kita, jika ingin sukses di bidang yang kita sukai, siapkan diri dari sekarang. Siapkan ilmu, fisik, mental dan apapun yang dibutuhkan untuk menjadi orang sukses.
Orang yang sukses tidak akan membuang waktunya untuk hura-hura atau main-main saja. Mereka lebih memilih untuk meningkatkan kualitas diri agar bisa menjadi pemenang sejati.
4. Bermimpi di saat orang lain berangan-angan
Kunci keempat orang sukses selalu punya mimpi yang tak bertepi. Mereka punya keinginan yang ingin diwujudkan jadi kenyataan. Sementara orang lain hanya punya angan-angan, bisanya hanya berandai-andai. Tidak mau usaha tapi ingin jadi orang kaya.
Orang sukses punya mimpi yang menjadi inspirasi. Untuk terus berkarya dan memberi manfaat untuk orang banyak.
Itulah kunci sukses…sepertinya tidak sulit asal kita mau konsisten dan komitmen. Semoga kita semua bisa jadi orang sukses.

5 thoughts on “Kunci Sukses”

      1. setuju. gagal itu hal biasa. orang sukses adalah orang yang tidak berhenti berusaha ketika gagal…dia menjadikan kegagalan sebagai motivasi untuk berbuat lebih baik lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *