Keajaiban Jantung

Banyak manusia yang tidak suka dengan bentuk tubuhnya bahkan ada yang membencinya. Padahal manusia telah diciptakan dengan bentuk yang sebaik-baiknya. Selain itu, tubuh manusia telah dibuat dengan desain dan fungsi yang sempurna. Salah satu anggota tubuh manusia yang sangat istimewa adalah jantung.
Jantung memiliki keistimewaan tersendiri. Keajaiban jantung diantaranya yaitu:
1. Saat janin dalam kandungan berumur 4 bulan, sebelum otak terbentuk, jantung sudah mulai bekerja. Hingga saat ini para ilmuwan belum menemukan apa yang menggerakkan jantung sehingga jantung bisa berdenyut. Bisa dikatakan awal kehidupan fisiologis manusia dimulai dari jantung karena aktifitas jantung sudah dimulai ketika organ lain belum terbentuk.
2. Jantung berdenyut rata-rata 70 kali per menit atau lebih kurang 100.800 kali dalam satu hari. Dalam setahun jantung kita berdenyut sekitar 36.792.000 kali. Coba kita hitung sejak masih dalam kandungan ibu kita sampai sekarang sudah berapa kali jantung kita berdenyut? Kalo usia seseorang bisa sampai 75 tahun maka jantungnya telah berdenyut sebanyak 3 Milyar kali tanpa pernah istirahat walaupun sejenak. Luar biasa…
3. Fungsi jantung untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh melalui jaringan urat darah yang kasat mata maupun yang mikroskopis. Semua jaringan itu ketika disambungkan panjangnya mencapai 90.000 km atau 2 kali lingkaran bumi.
4. Jantung memompa darah hampir 2 galon per menit atau lebih dari 100 galon per jam (lebih dari 450 liter karena 1 galon = 4.546 cc). Dalam sehari 2.400 galon (lebih dari 10.000 liter). Kalo setahun jantung bisa memompa darah sekitar 3.650.000 liter. Kalo umur kita sampai 70 tahun saja berarti jantung telah memompa sebanyak 255.500.000 liter darah tanpa pernah berhenti…coba bandingkan dengan pompa air yang ada di rumah kita.
Berapa harga belinya? jantung kita GRATIS.
Berapa liter air yang bisa dipompa? tinggal dihitung dan bandingkan saja.
Berapa lama pompa air itu bisa bertahan? jantung bisa bertahan selama kita masih hidup asal dijaga dengan baik.
5. Ketika jantung menyalurkan darah ke seluruh tubuh, oksigen ikut terangkut juga. Oksigen adalah kebutuhan dasar manusia yang tidak bisa digantikan. Setiap hari kita menghirup oksigen GRATIS tanpa pernah diberi tagihan.
Daftar di atas baru sebagian saja dari keajaiban organ tubuh manusia yang telah diciptakan oleh Allah SWT, Yang Maha Sempurna. Tapi mengapa banyak manusia yang tidak bersyukur? mengapa masih banyak manusia yang mendustakan nikmat-Nya?…

One thought on “Keajaiban Jantung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *