Jadilah Dirimu Sendiri

Banyak anak muda sekarang yang tidak menjadi diri mereka sendiri. Mereka menjadi orang lain. Hanya menjadi pengikut setia seperti bebek yang selalu mengikuti kemanapun “raja” bebek pergi. Remaja selalu mengikuti
mode pakaian, gaya rambut, cara berbicara, pemikiran dan gaya hidup para “trend setter” yang dikaguminya. Trend setter atau penentu trend saat ini bisa artis, penyanyi, bintang film, tokoh politik, bintang olahraga dan sebagainya.
Apa yang menjadi trend langsung diikuti tanpa ada proses seleksi. Padahal apapun bentuk trendnya tidak selalu benar dan belum tentu cocok diterapkan. Selain itu, ketika kita selalu mengikuti apa yang dilakukan orang lain maka kita kehilangan jati diri. Bisa juga kita melakukan sesuatu karena kita terpaksa mengikuti orang-orang terdekat atau keluarga. Akhirnya identitas diri kita tidak jelas. Labil dan terombang-ambing bagai sebatang kayu di lautan luas. Entah mau jadi apa dan mau kemana.
Untuk menjadi diri sendiri, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu:
1. Punya prinsip hidup. Keyakinan mendalam yang menjadi acuan dalam kehidupan itulah prinsip. Nilai-nilai yang bisa diambil menjadi prinsip hidup bisa berasal dari agama, hukum maupun norma. Prinsip ini yang akan menjadi pedoman apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Jadi kita punya pegangan, tidak asal ikut-ikutan dan plin-plan dalam mengambil keputusan. Jika bertentangan dengan prinsip, jangan dilakukan.
2. Miliki cita-cita. Orang yang punya cita-cita akan terarah hidupnya untuk mengejar apa yang dia impikan. Jika sesuatu hal bertentangan atau tidak sejalan dengan cita-cita, jangan dilakukan. Jadilah diri sendiri dengan miliki cita-cita yang jelas dan berasal dari keinginan kita sendiri. Bukan ikut-ikutan atau paksaan.
3. Percaya diri. Jika punya percaya diri yang tinggi, kita tidak akan terpengaruh dengan omongan orang lain. Terkadang kita lebih mempertimbangkan cemoohan orang lain ketika kita tampil atau melakukan sesuatu hal yang berbeda dengan kebiasaan. Selama kita benar, pede aja lagi. Tidak perlu mendengarkan omongan orang yang justru akan membuat kita ragu dan berhenti melakukan sesuatu hal baik.
4. Bergaul dengan orang-orang yang positif. Siapa teman kita akan menjadi salah satu penentu keberhasilan hidup. Teman bisa membantu kita meraih cita tapi bisa juga merubah kita menjadi pribadi yang berbeda. Teman-teman yang baik akan mendorong kita untuk menjadi diri sendiri. Menyemangati kita untuk meraih cita.
5. Ada figur yang diteladani. Contohlah orang-orang terbaik di bidangnya. Jadikan mereka motivasi dan inspirasi untuk menjadi orang yang lebih baik. Meniru kebaikan orang lain sangat dianjurkan tapi jangan menjadi “fotokopian” penampilan seseorang. Seharusnya kita adalah paduan dari kebaikan figur-figur teladan yang kita jadikan acuan. Misalnya; saya ingin punya semangat belajar tinggi seperti Habibie, tulisan seindah Habiburahman El Shirazy, badan sehat dan bugar seperti Ade Rai.
Hidup hanya sekali, jadilah diri sendiri. Jadilah yang terbaik yang kita bisa. Aku adalah aku.  Bagaimana dengan kamu?

11 thoughts on “Jadilah Dirimu Sendiri”

  1. saya tak ingin menjadi diri sendiri, karena saya ingin bebas, liar dan tak terkekang.
    Tapi saya berusaha menjadi diri dan pribadi seperti akhlak (perilaku/pribadi) Nabi, walaupun itu masih sangat jauuuuuuh sekali.
    memang menjadi diri sendiri hanya aturan kita yg berlaku, bukan aturan agama, pemerintah dan masyarakat.
    itulah persepsi jangan menjadi diri sendiri.

    1. setuju, jadi diri sendiri bukan berarti bebas tak terkendali. kebebasan manusia dibatasi oleh aturan yang dibuat untuk kepentingan manusia itu sendiri.

  2. mau tanya ni.. kalo rasa takut dengan sesuatu itu di kategorikan ke dalam penyakit psikopat ya,,,,berarti jadi diri sendiri dikategorikan ke dalam apa ya???? thanks

  3. saya mau curhat nih saya gak jd diri sendiri karena bekerudung..
    saya sebenernya gak mau,.. tp tetep saya paksa paksa paksa
    alhasil saya gak nyaman sm diri saya..
    bahkan kl ketemu org aja takut
    nah saya kn sakit non medis (katanya)
    jd saya berkerudung
    makanya saat sy berjilbab sy gak jd diri sendiri
    apakah saya sakit dn harus jd diri sendir?

  4. Artikel yang menarik sekali
    memang kita harus berusaha untuk menjadi diri sendiri.
    saya juga cukup concern dengan perihal menjadi diri sendiri.
    Namun di sini saya memakai pendekatan astrologi sebagai alat bantu agar kita bisa lebih mengerti diri kita sendiri
    Ini adalah notes saya mengenai menjadi diri sendiri
    https://www.facebook.com/notes/cosmic-cafe/three-things-cannot-be-long-hidden-the-sun-the-moon-and-the-truth/231013217034547
    Jika berkenan, silahkan melihat-lihat.
    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *