Inilah yang harus anda lakukan di malam tahun baru

Malam tahun baru sebentar lagi tiba. Banyak orang yang sering merayakan momen pergantian tahun dengan berbagai macam cara. Tapi banyak juga yang tidak merayakannya. Itu adalah pilihan masing-masing. Boleh-boleh saja karena memang tidak ada kewajiban untuk merayakan tahun baru. Hanya sayang seringkali malam pergantian tahun dinodai oleh kegiatan-kegiatan yang merugikan orang lain dan mengganggu ketentraman.
Malam pergantian tahun hanyalah sebuah momentum. Sejatinya malam tahun baru sama saja seperti malam yang lain. Ketika malam tahun baru dijadikan momentum ada beberapa hal yang seharusnya kita lakukan yaitu:
1. Bersyukur
Alhamdulillah kita masih bisa menghirup udara bebas hingga tahun baru menjelang. Begitu banyak nikmat yang telah kita terima selama satu tahun ini. Mungkin kita sudah punya barang-barang baru yang sebelumnya hanya menjadi impian. Ada prestasi atau kebaikan yang sudah kita lakukan.
Rasa syukur tidak hanya cukup diungkapkan dengan kata-kata. Wujudkanlah rasa syukur itu dengan perbuatan nyata. Bersyukur jangan membuat kita takabur, berhura-hura, berfoya-foya apalagi bikin huru-hara. Kalau kita ingin bersyukur karena mendapat banyak rezeki, marilah kita berbagi. Masih banyak orang yang kesulitan untuk makan dari tahun kemarin hingga hari ini.
2. Introspeksi Diri
Cobalah untuk menghitung berapa banyak kebaikan yang telah kita lakukan. Ada berapa banyak target kehidupan yang telah tercapai. Ada berapa yang belum bisa kita gapai. Berapa banyak juga kesalahan, kebohongan, kejahatan dan kemaksiatan yang telah kita perbuat di tahun ini. Entah selembar kertas mungkin tidak cukup untuk menuliskan semua itu. Tuliskanlah agar kita bisa berkaca diri, bercermin untuk mengetahui siapa diri ini.
Jika kita melakukan kesalahan kepada sesama manusia, jadikanlah momen tahun baru ini untuk meminta maaf. Bila ada hubungan yang renggang atau retak, sambunglah kembali ikatannya. Perbaikilah hubungan antara sesama manusia karena kita tak akan pernah bisa hidup sendiri. Buanglah rasa gengsi atau iri hati. Mari kita perbaiki diri.
Bila kesalahan yang kita lakukan itu kepada Sang Maha Pencipta. Mungkin banyak kewajiban yang terlalaikan dan ibadah yang terlewatkan. Mohon ampunlah kepada-Nya. Bertekadlah untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Pribadi yang tak lupa diri, selalu menjalankan perintah Illahi.
3. Membuat target
Resolusi, target, atau apapun namanya. Buatlah di malam tahun baru ini ketika kita tak disibukkan oleh riuh rendahnya dunia. Susunlah apa yang ingin kita capai di tahun mendatang. Jadikanlah target itu berupa rencana dan tujuan.
Tanpa target yang ingin dicapai bagaikan hidup tanpa tujuan. Kita tidak akan pernah sampai kemanapun jika kita tah tahu kemana akan pergi. Buatlah target pribadi, keluarga ataupun karir anda. Tuliskan di selembar kertas, tempelkan di kamar anda. Agar mudah terlihat dan menjadi penyemangat karena ada yang ingin kita dapat.
Malam tahun baru seringkali menjadi malam pemborosan yang patut disayangkan. Banyak tenaga dan pikiran terbuang, uang yang hilang, bahan bakar yang terbang menguap disela-sela kemacetan panjang. Bahkan ada kehilangan yang seringkali tidak disadari. Kita kehilangan waktu, padahal dalam hidup sehari-hari pun kita sudah sering kehilangan. Waktu yang hilang tak akan kembali pulang. Kehilangan waktu adalah kehilangan kehidupan.
Marilah kita jadikan tahun baru ini, satu momen untuk memperbaiki diri. Untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Setuju?

5 thoughts on “Inilah yang harus anda lakukan di malam tahun baru”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *