Hambatan Bloggers Jadi Penulis Buku

Buat yang suka ngeblog alias blogers, bikin buku adalah salah satu harapan mereka. Walaupun harapan ini tidak selalu diungkapkan dengan kata-kata. Siapa sih yang nggak mau tulisannya dijadiin buku? Kan bisa lebih bermanfaat, mudah disimpan dan bisa dapat royalti lagi. Belum lagi gengsinya bro…penulis buku gitu.
Ada beberapa kendala yang jadi hambatan seorang blogers untuk bikin buku diantaranya yaitu:
1. Tulisan di blog sering tidak sistematis, namanya juga blogers nulis sesuka hati dan sesuai dengan inspirasi yang datang. Bukan nulis dengan konsep yang matang.
2. Tulisan blogers belum tentu punya “nilai jual” yang tinggi di mata penerbit. Bikin buku erat kaitannya sama duit dan profit. Kalo gak bisa untung, sebagian besar penerbit gak akan mau menerbitkan tulisan itu. Tapi ada juga sebagian penerbit yang idealis, menerbitkan buku untuk mencerdaskan bangsa. Kira-kira gitu mottonya.
3. Blogers tidak punya akses ke penerbit. Sebenarnya ini bukan cuma hambatan yang dimiliki blogers doang, tapi semua penulis pemula sering mengalami. Akses ke penerbit terutama penerbit besar sulit untuk ditembus. Terkadang mereka hanya “mau” menerbitkan buku yang ditulis oleh penulis “top”.
4. Bikin buku prosesnya lama jadi butuh waktu dan konsentrasi lebih untuk menjalaninya. Selain menulis, tulisan untuk buku juga harus diedit, ditambahin ilustrasi berupa gambar atau grafik, belum lagi lay out dan cover buku yang harus menarik. Padahal sebagian besar blogers masih menjadikan menulis sebagai “sambilan”. Pekerjaan inti mereka ada yang pelajar, mahasiswa, pegawai dan lain-lain.
4 alasan itu yang sering menghambat seorang blogers untuk jadi penulis buku. Tapi kini ada cara mudah untuk bikin buku dari blog. Baca aja di sini.
Yuuuk jadi penulis buku….

One thought on “Hambatan Bloggers Jadi Penulis Buku”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *