Dampak Turunnya Tarif Telekomunikasi

Penurunan tarif telekomunikasi adalah sesuatu yang wajar terjadi. Penggunaan teknologi yang sangat dominan dalam dunia telekomunikasi menjadi salah satu alasan utama terjadinya penurunan tarif. Teknologi memang membutuhkan investasi besar pada tahap awal penerapannya. Namun, setelah beberapa tahun investasi tersebut akan kembali. Istilah kerennya return on investment (ROI) sudah didapatkan maka biayanya akan turun.

            Selain itu, hal yang lumrah dalam penggunaan teknologi adalah jika terdapat teknologi baru maka perangkat yang menggunakan teknologi lama akan turun harganya. Hal ini terjadi karena teknologi lama tidak dikembangkan lagi sehingga tidak compatible dengan perangkat baru di masa depan. Contoh yang paling mudah terlihat adalah perangkat komputer dan handphone.

            Di luar faktor teknologi, struktur bisnis telekomunikasi memang kompetitif. Bahkan bisa disebut hyper competitive. Jumlah operator telekomunikasi mencapai 11 perusahaan tergolong banyak bila dibandingkan dengan negara lain. Jenis produk dan pelayanan yang ditawarkan hampir sama menjadikan persaingan semakin ketat. Ditambah lagi dengan kondisi masyarakat Indonesia yang sebagian besar masih price sensitive membuat penawaran harga murah menjadi senjata andalan para operator.

            Kondisi tersebut di atas membuat persaingan menjadi tidak sehat. Kompetisi berubah menjadi perang tarif. Para operator berlomba menurunkan harga dengan promosi yang membanjiri media massa.  Semua faktor yang telah disebutkan di atas menjadikan tarif telekomunikasi di Indonesia menjadi lebih murah dari sebelumnya.

            Turunnya tarif telekomunikasi ini akan membawa dampak positif bagi masyarakat diantaranya yaitu:

1.       Semakin banyak masyarakat yang bisa memiliki dan menggunakan alat telekomunikasi karena harga perangkatnya (handphone) dan tarif yang digunakan semakin terjangkau. Selama ini hanya warga kota saja yang bisa memiliki telepon rumah maupun seluler. Sekarang ini semua lapisan masyarakat sudah bisa memanfaatkan alat komunikasi tersebut.

2.       Kemudahan komunikasi. Dengan turunnya tarif, komunikasi akan lebih mudah dilakukan terutama untuk masyarakat yang selama ini menganggap telekomunikasi masih barang mewah. Mereka yang berpenghasilan pas-pasan pun kini akan mudah melakukan komunikasi dengan sanak keluarga atau teman.

3.       Mempererat hubungan sosial. Terpisahnya jarak dan tempat tidak membuat hubungan sosial atau tali silaturrahmi harus terputus. Jalinan komunikasi masih bisa terjalin dengan menggunakan telepon atau sms. Kita masih bisa saling memberi kabar, bercerita, berbagi suka maupun duka. Hubungan kekeluargaan dan persahabatan akan tetap terjaga.

4.       Memudahkan social networking atau jejaring sosial. Zaman sekarang adalah era dimana manusia modern tidak ingin kehilangan jati dirinya sebagai mahluk sosial. Mereka saling berkomunikasi dan berkumpul membentuk komunitas sosial berdasarkan adanya kesamaan tertentu. Ada yang berasal dari daerah yang sama, ada yang punya hobi sama bahkan ada yang menyatukan mereka karena memiliki jenis kendaraan yang sama. Kemudahan untuk berkomunikasi lebih dirasakan ketika tarifnya turun, mereka akan lebih sering telepon, sms, e-mail atau chatting menggunakan fasilitas GPRS, 3G atau wi-fi yang ada di ponselnya.

5.       Memperbanyak peluang bisnis. Semakin sering berkomunikasi dan menjalin tali silaturrahmi, peluang bisnis akan semakin terbuka. Masyarakat akan mudah mengakses informasi bisnis yang sedang trend saat ini. Bisa jadi turunnya tarif ini akan menumbuhkan peluang bisnis baru.

6.       Meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Secara tidak langsung penurunan tarif telekomunikasi akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum. Kesejahteraan akan timbul karena peluang bisnis semakin terbuka luas, transaksi akan lebih mudah dilakukan dan dengan sendirinya pendapatan akan meningkat. Hal ini terjadi apabila masyarakat bisa memanfaatkan turunnya tarif untuk dijadikan kesempatan meraih peluang. Bukan dimanfaatkan untuk perbuatan yang tidak berguna dan sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *