Cara Menghilangkan Stress

Pernah merasa stress?

Stress bisa disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya ada keinginan yang tidak tercapai, masalah besar datang menghadang atau berita buruk yang tak diharapkan. Semua manusia tak peduli siapa dan dimana pasti pernah mengalaminya.

Stress memiliki tingkatan dari yang ringan sampai berat. Dampak yang ditimbulkannya pun beragam sesuai dengan tingkatannya. Dimulai dari hal yang ringan seperti banyak melamun, keluar keringat dingin, resah, tidak nafsu makan walaupun ada juga yang malah tidak bisa mengontrol apa yang dimakannya ketika stress.

Emosi tak terkendali dan mudah marah adalah cirri stress tingkat menengah. Bahkan jika sudah sampai kondisi stress berat bisa mengakibatkan seseorang berbuat nekat. Salah satunya adalah bunuh diri karena tak mampu menanggung beban. Hati-hati jangan biarkan stress menguasai diri.

Satu hal penting yang harus kita pahami adalah stress bersifat akumulatif. Artinya jika stress ringan tidak bisa dihilangkan maka akan terus menumpuk hingga terakumulasi. Akhirnya stress itu menjadi beban berat yang tentu jauh lebih sulit untuk ditanggulangi. Oleh karena itu, jika stress datang menyerang segera hilangkan dengan cara-cara di bawah ini:

1. Aktif. Jangan mengurung diri dalam kamar, duduk melamun atau tidur-tiduran apalagi tidur beneran ketika sedang stress. Berdiam diri tidak akan menghilangkan stress. Justru anda harus banyak bergerak. Bisa dengan berjalan kaki, lari atau olahraga lainnya. Gerakan badan akan membuat tubuh anda menjadi lebih segar. Olahraga yang bersifat permainan seperti sepak bola akan membantu menghilangkan stress karena bersifat menyenangkan. Jalan kaki ke taman akan membuat anda rileks karena menghirup udara segar dan melihat pemandangan indah.

2. Makan yang benar. Berikan makanan yang segar dan bergizi untuk tubuh anda. Makanan ini akan meningkatkan metabolisme hingga tubuh menjadi lebih fit. Ada kecenderungan orang stress lebih memilih makanan yang asem, pedes, atau berlemak. Hati-hati jangan sampai stress anda tidak hilang tapi bertambah dengan gangguan pencernaan karena sembarangan makan.

3. Tidur yang cukup. Jika kita kurang tidur akan menyebabkan kurang konsentrasi dan badan kurang fit. Untuk itu, kalau stress jangan ditambah dengan begadang karena akan menambah masalah. Jauh lebih baik anda tidur yang cukup agar ketika bangun nanti badan akan lebih segar dan pikiran kembali jernih.

4. Ekspresikan perasaan anda. Keluarkan apa yang menjadi beban pikiran anda, apapun yang menyebabkan anda stress. Ekspresikan melalui media yang paling anda sukai. Jika lebih suka berbicara, carilah orang dekat yang akan mendengarkan curhat anda. Kalau mengungkapkan dengan tulisah jadi pilihan, buatlah puisi atau cerita. Bisa ditulis di buku harian atau blog kesayangan. Ekspresi perasaan juga bisa lewat gambar atau lukisan. Biarkan ekspresi perasaan mengalir seperti air, jangan ditahan atau didiamkan karena akan membobol benteng pertahanan anda.

5. Tertawalah. Apabila anda sudah bisa tertawa dengan bebas dan tak dibuat-buat, boleh jadi stress anda telah hilang. Tapi jangan tertawa sendiri tanpa sebab yang jelas, nanti dianggap gila. Untuk itu, anda bisa membaca buku atau majalah humor, menonton film komedi atau acara lawak. Tertawa itu membuat bahagia dan membebaskan diri dari beban pikiran.

6. Maafkan kesalahan anda. Lupakan apa yang telah membuat anda stress dan maafkan diri sendiri jika melakukan kesalahan. Berbuat salah itu tak apa-apa karena kita hanya manusia biasa. Manusia yang paling baik bukanlah manusia yang tidak berbuat salah tapi mereka yang belajar dari kesalahannya dan terus memperbaiki diri.

7. Perbarui sikap. Berfikir postif selalu ketika menghadapi masalah apapun. Pikiran postif akan menghasilkan perkataan dan perbuatan yang positif juga. Segala sesuatu itu tergantung dari sudut mana kita memandangnya. Semuanya pasti memiliki sisi positifnya. Yakinlah.

8. Bersyukurlah atas apa yang kita miliki. Terkadang stress datang karena kita mempermasalahkan apa yang tidak kita miliki. Padahal bisa jadi kita banyak memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh orang lain. Bisa jadi kita kurang bersyukur atas apa yang telah kita miliki. Kita lebih sering iri hati melihat apa yang dimiliki orang lain. Tanpa pernah menyadari masih banyak orang lain yang lebih kekurangan dari kita.

Jangan sampai stress membebani hidup kita. Segera lakukan cara-cara di atas jika dia datang menyapa. Dia tak bisa dihindari tapi bisa diobati. Tetaplah tersenyum, hidup ini terlalu indah untuk disia-siakan.

56 thoughts on “Cara Menghilangkan Stress”

  1. g tau mu nulis apa. intinya mo muji.
    tapi ana mu nanya dikit, di akhir kalimat antum bikin pernyataan “Tetaplah tersenyum, hidup ini terlalu indah untuk disia-siakan”. yg ingin ana tanyain , gimana cara kita memaknai hidup dan berpikir bahwa hidup itu indah sedangkan kita selalu berada di bawah tekanan dan situasi tidak memungkinkan kita untuk selalu tersenyum.
    that’s it..
    tq

    1. hidup kita maknai sebagai perjalanan jadi hanya sebentar dan sementara saja, tidak abadi. segala peristiwa itu “netral” sebenarnya, yang membuatnya menjadi negatif atau positif adalah cara setiap orang memandang peristiwa itu. terkadang kita membenci sesuatu padahal bisa jadi itu baik untuk kita, terkadang juga kita suka dengan sesuatu padahal bisa jadi itu buruk buat kita. jadi apapun yang terjadi, cobalah untuk tersenyum karena dibalik kesulitan pasti ada kemudahan. Setelah malam yang dingin dan gelap akan terbit fajar dengan sinar mentarinya yang hangat. keep on smiling….

  2. seharus nya kita semua harus berusaha supaya tidak setress berkepanjangan kenapa kalau terus menerus setress akibat nya kita sendiri seing lupa ,marah-marah tiada sebab seperti orang gila?

    1. betul…stress sebenarnya wajar saja karena kita manusia biasa. asalkan kita bisa mengelola stress agar tidak merugikan kita dan orang lain. bahkan manajemen stress yang baik bisa menguntungkan kita lho…

    1. Terima kasih mas farhan, setelah saya membaca cara menghilangkan stress yang ada di blognya mas ahmad farhan dengan sendirinya rasa stresku mulai berkurang karena saya merasa tidak hanya saya saja yang pernah stress terbukti dari banyaknya comment yang ada di blog ini. Semoga kita tegar menghadapi hidup ini walaupun berbagai rintangan silih berganti, amin.

  3. disebabkan stess hamba menjadi lebih merendah diri dan lebih dekatkan diri kepada-Nya… hamba bersyukur… semua org didunia ada masalah, tetapi itu bergantung kepada kita untuk menghadapinya…

  4. Gan Saya Sedang Mengalami Stress Berat, Karna Kemaren Saya Ndak Jebol Ikut Masuk IPDN, Saya Slalu Sedih jika teringat Dan Melihat Anak – Anak Praja Memakai Seragam… Itu Yang Slalu Saya Pkirkan ? ! ! Apa ituu Bissa Ilang Gan ?

    1. bisa,mengapa tidak? coba cari kesibukan lain. mungkin bisa coba keterampilan (skill) atau hobi baru yang mengasyikkan. aktifitas ini akan melupakan beban pikiran karena kegagalan masuk IPDN. Perlu juga disadari sama agan bahwa sukses hidup di dunia ini tidak cuma tergantung sama berhasil masuk IPDN. Masih ada kampus atau tempat lain yang bisa dituju. Coba ubah mindset kita utk tidak tergantung kepada satu keinginan saja yang akhirnya membebani kita. Hidup ini terlalu indah untuk diisi dengan kesedihan. tersenyumlah…harapan itu masih ada di luar sana. sukses menanti orang yang berusaha mendapatkannya..

  5. Tapi Gan Kalau Hobby Kita Bertentangan Sama Ke-inginan Orang Tua Gimana ?
    Org Tua Saya Ingin Saya Masuk IPDN. Tapi Kemaren Keuagan Orang Tua Saya Tidak Cukup. ? Maka Nya Saya Berfikir Apa Saya Ini Tidak Pintar Gan ? Saya Tidak Jebol Karna Kami Dari Keluarga Menegah Ke Bawah , 🙁 Mohon Bimbingan nya Gan ? ? ?

  6. gan mw nnya, sya udh brtaun2 bnyk pkiran gan’ alias stres brat yg brakibat sya susah untuk tdur dkrnakan stiap mw tdur psti ad aj pkiran. entah dri kluarga lh, pacar lh, atw tman jg ga ad yg mngrti akn ap yg sya rsa. tdnya sya pnya sdra yg sdkit bsa mngurangi pkiran krna dy tau ap yg sya rsa n jlan hdup dy ga tau knpa jd mtivasi sya untuk mnghdapi krasnya hdup. tp smnjak dy prgi untuk mndiri sya lngsung mrsakan drop yg brlebih krna sya mrsa tdak ad lgi seorg yg slalu ad di dkat sya n mngrti sya. sya mrsakan kspian n stngah tdak snggup mnghdapi mxlah yg slalu mnimpa sya. sya udh mncba untuk mnyenangkan lingkungan sya n sdkitpun sya ga prnh nyt bwt brbuat buruk n slah tp sya sllu mnjdi so2k yg dslahkn di lngkungan sya, 1 orgpun ga ad yg sprti sdra sya gan, ga ad yg mngrti hati sya. tlong bntuan gan sya hrus ngpain lgi???? sya ingin mrbah hdup sya jd lbih baik n sya ingin mrskan trtawa krna bhagia tpi pkiran2 n mslah2 itu sllu mmbrhntikan nyt saya. sya sllu ngrsa trpuruk gan dan stngah ptus asa mnghdapi hdup yg ky gni. tlong sya gan….

    1. masalah atau bukan masalah tergantung cara kita memandangnya. banyak orang yg enjoy nikmati hidup karena dia nggak nganggep masalah sebagai hambatan. mereka anggap masalah adalah hal biasa. gak usah terlalu dipikirin. ada ungkapan orang besar adalah mereka yang selalu berpikir besar. saran saya coba berpikir besar, jangan pikirkan hal-hal kecil yang sepele dan tidak penting karena itu cuma ngebebani hidup kita aja. misalnya kalo kesel sama orang, coba kita maklumi orang itu, gak ada manusia yang sempurna. maafin aja kesalahannya. kalo kita punya masalah di masa lalu kita coba 3 prinsip ini. FORGIVE, FORGET and be FREE. Maafkan diri kita sendiri jika kita yg salah, begitu juga kalo orang lain yg bikin masalah. Lupakan masa lalu, dia sdh berlalu dan gak bisa kembali lagi. kita hidup untuk sekarang dan masa depan. jadilah orang yang bebas, hidup tanpa beban karena masalah yg ada tidak kita anggap masalah. enjoy aja, nikmati hidup yg cuma sekali ini. yang gak kalah penting kita harus punya cita-cita atau keinginan yg mau kita kejar. fokuskan pikiran utk mengejar apa yg kita impikan. kalo sdh fokus, kita gak bakal punya waktu mikirin yg laen. senyum dan nikmati hidup ini…

  7. Ya aq jg mengalami hal yg hampir sama.
    Aq seakan gk bs lupa dgn hal2 buruk yg nimpa aq.
    3thn d sma aq di tindas teman2 dan saudara sepupu aq.
    Sumpah aq merasa sangat terpuruk.
    Tak ad yg bs tau ap yg aq rasa kan.
    Hingga kini aq tak bisa lupa.
    Semenjak kejadian it aq jd sedikit lemah.
    Aq mudah tertekan, seakan sangat rapuh.
    Namun aq selalu berusaha positf thinking.
    Aq selalu mengingatkan diri tak mungkin Tuhan berikan qt cobaan seperti ini kalau Ia tau qt tak mampu.
    Aq selalu berjuang dalam hadapi smua.
    Hingga kini byk org2 yg masi berusaha menjatuhkan aq.
    Namun aq selalu berusaha bangkit, aq musti kuat hadapi smua, masi byk org2 yg lebih susah hidup ny dr aq.
    Aq musti bisa bertahan hadpi smua,demi org2 yg sayang sma aq.
    Aq musti mampu lewati semua.
    Karna Tuhan telah memilih aq dalam ujian ny.
    Karna Ia yakin aq mampu.
    Semoga kalian yg punya masalah bisa selalu berpikir positf.

    1. setiap mahluk diciptakan pasti membawa manfaat untuk kehidupan. dan orang yang paling baik adalah mereka yang paling banyak memberi manfaat untuk orang lain. kita tidak perlu selalu mendengarkan apa kata orang. jangankan kita berbuat salah, melakukan kebaikan saja pasti diomongin. teruslah berbuat yang terbaik…tetap semangat

  8. terima kasih atas saran yang telah anda berikan kepada saya ,…..
    semoga dengan saran yang anda berikan saya bisa menghilangkan strezz yang ada pada pikiran saya ……
    sekali lagi terima kasih banyak …..
    I LIKE’T …..
    vecky tra anggara

  9. q slalu stres memikirkan sesuatu yg belum pasti dimasa yg kan datang. pdahal sesuatu itu blm tentu kan terjadi.gmana cara ilanginnya
    trims……..

    1. kita harus yakin bahwa rezeki, jodoh, hidup dan mati kita sudah diatur oleh yang Maha Kuasa. Jalani aja hidup ini dengan gembira, enjoy aja…masa depan kita tergantung kita sendiri. kalo mau pinter harus belajar, mau kaya harus berusaha dan seterusnya. jangan takut dengan sesuatu yang belum tentu terjadi, hidup ini terlalu indah untuk diisi dengan kekhawatiran, tersenyumlah. Lebih baik fokuskan aktifitas untuk meraih cita dan cinta…

  10. saya mau coba konsult ne ma km…. gapa2 kan…..
    saya merasa stress karna tingkah pacar saya,dia selalu semena-mena dengan saya…pa yang dia bilang selalu saya turutin….terkadang saya merasa sakit hati tapi saya pendam sendiri mencoba bersabar dan selalu tersenyum karna saya sayang banget ma dia….dan saya ga mau buat dia tambah sakit….
    tapi manusia punya batas kesabaran bukan…..??
    baru-baru ini kami berantem gara2 sedikit masalah….yang secara tidak sengaja hadir dari saya…..
    saya mencoba untuk menjelaskan…dan minta maaf…tapim dia malah menghina saya….
    apa yang harus saya lakukan…????jujur saya binginggg…dan stress mikirin masalah ini…???
    tlong bantu saya ea…..

    1. satu hal yang perlu ditanyakan dalam hati, apa sih tujuan pacaran? kalo yang bener sih sebagai penjajakan utk ke jenjang pernikahan. Coba bicara sejujurnya dan terbuka ke dia. sampein isi hati kamu. belajar untuk saling menerima perbedaan dan bertenggang rasa. kalo dia mau dan bersikap dewasa, itu baru cowok sejati. tapi kalo dia gak mau terbuka dan berdialog, itu namanya pengen menang sendiri. orang yang pengen menang sendiri tentu gak layak jadi suami. jangan terlalu sayang sama seseorang yang “cuma” pacar doang karena dia bukan siapa-siapa kamu karena pacaran tidak ada ikatan secara hukum. dia bisa pergi sesuka hati tanpa harus permisi. keputusan ada di tangan kamu, masih mau terus atau cukup sampe di sini…jangan sampe stress mikirin satu orang itu, masih banyak hal lain yang lebih penting untuk dipikirkan. cita-cita kita itu lebih layak untuk jadi prioritas yang harus dipikirkan…

        1. Biarin aja. Mending gak usah pacaran. Pikiran, waktu, tenaga & uang tdk terbuang. Lbh baik persiapkan masa depan. Kalo sdh siap menikah baru cari calon istri tanpa perlu pacaran lagi.

      1. iyya juga sich . tpi masalahnya bgni aku tuch sayang sekali ma dia dan aku tak bsah lupain dia ,, aku stres dan aku tak tau harus berbuat apa .. yang ada sich cuman ke putus asaan .. bantuin donk please

        1. Jangan terlalu sayang sama seseorang krn kalo kehilangan akan menyakitkan. Yg lalu biarlah berlalu. Sekarang coba lbh banyak bergaul dg teman2. Mungkin olahraga bareng atau yg lainnya. Kalo kita sibuk pasti lupa sama masalah cewek. Msh banyak cewek lain yg lbh cantik, baik & peduli. Nanti juga ketemu. Nyantai aja gak usah mikirin yg sdh lewat…:D

  11. saya itu mau konsul ma kmu bolehkan?
    saya tuh punya punya mantan
    dulu waktu saya masih pacaran ma dia ihh kesel nya minta ampun pokok nya aku merasa ga cocok ma dia
    tapi kenapa setelah dia putus dari saya
    saya baru menyadari bahwa cuman dia yang bisa mencintai aku dengan tulus
    tapi masalahnya dia itu sudah punya pengganti saya
    itu yang menjadi beban pikiran ku saat ini
    aku juga sadar banyak hal juga yang mesti aku pikirin tapi dia itu menyita segalanya
    bantuin cari solusi yang terbaik

    1. apa yang kamu alami wajar dan manusiawi banget. kita pasti ingin mengulang kembali kenangan indah bersama orang yang kita cintai. namun itu tidak mudah terjadi, apalagi si doi sudah punya pengganti. saran saya sih, lupakanlah masa lalu, kita hidup untuk masa kini dan masa depan. hari kemarin memang indah tapi tidak bisa terulang, yang ada adalah hari ini dan esok. hidup kamu harus terus berjalan, dengan atau tanpa dia. dunia ini luas, penduduknya banyak. masih banyak laki-laki lain. bukalah mata dan hati kamu untuk menerima orang lain. saya yakin akan ada orang lain yang bisa mencintai kamu dengan tulus.
      jangan sampai hidup kita “tersandera” dan waktu pun terbuang percuma karena memikirkan seseorang yang sudah tak lagi ada. tersenyumlah dan lanjutkan hidup anda, bersiaplah menerima orang lain yang akan mencintai kita….

  12. Salam, tulisannya ttg menyikapi stress bagus, sy termasuk org yg gampang stress, teorinya tau tp sering sulit melakukannya, ada solusi? terimakasih…

    1. Kita hrs punya tekad yg kuat utk menjadi orang yg tangguh. Ketika stress datang, ucapkan dlm hati “saya kuat, saya bisa” terus menerus. Kokohkan keyakinan itu kuncinya…

    1. Bisa jadi cinta adalah penyebab stress yang terbanyak. Cinta sangat melibatkan hati dan emosi. Ketika cinta sedang membara, semua terasa sangat indah. Tapi ketika cinta telah pergi, hati bagai tertusuk duri. Menurut saya, solusinya adalah ikhlaskan saja. Biarkan dia pergi karena dia berarti bukan untuk kita. Jodoh tidak akan tertukar, jika memang dia adalah jodoh kita, dia akan kembali. Cobalah untuk bertemu dan berkenalan dengan banyak orang. Masih banyak perempuan lain yang mungkin lebih baik dari dia. Hidup kita jangan disia-siakan untuk meratapi seseorang. Hidup harus terus berjalan. Masih banyak yang perlu dipikirkan dan dikerjakan. Carry on your life…

  13. saya mau share, bru seminggu kmre aq dpt cobaan, aku bkin kesalahan besar yg bkin org tuaq kcewa dan skit hati. masalahnya sudah di bicarakan, dan saya sudah minta maaf, sebenarnya saya tidak melakukan ap yg mereka fikirkan, saya sudah coba jelaskan tetapi mereka ttp tidak mau menerima. saya merasa bersalah dan malu karn sudah mengecewakan. saya tau posisi sya di mata mereka salah, saya cba menyadari tetapi tanggapan mereka terhadap saya dingin. bagaimna saya bsa mghilangkan pikiran ttg hal itu sedangkan sikap mereka tidak mendukung. Sikap saya hrus seperti ap biar tidak stress.?

    1. Berdoa mohon kpd yg Kuasa agar diberikan hati yg tenang. Alihkan pikiran ke kegiatan yg menyenangkan. Mungkin kamu punya hobi. Lupakan kejadian itu. Buktikan kpd mereka kalo kamu orang yg baik. Waktu akan membuktikan semua itu.

  14. saya lg banyak masalah bgttt ampek kpla ni pecah,,mau mendekati nikah dah persiapan semua tgl 3 bln lagi tiba_tiba cobaan datang yg bkin aku setressss.,mertuaku tiba2 marah d’dpn rmhku dan teriak2 lau aku dah ambil uang anak..sampai ortuku g trma dan pngen batalin nikah,,sampai aku bnggung harus gmna,,,????

    1. memang di saat mendekati pernikahan adalah momen krusial yang penuh dengan cobaan. banyak hal sepele yang bisa menjadi masalah di saat seperti ini. perlu ada kekuatan mental dari kedua belah pihak. tetap tenang dan coba sikapi secara jernih persoalannya. benarkah kamu ambil uang itu? coba sampaikan dengan jujur apa yang sebenarnya terjadi. kemudahan akan datang ketika kita memasrahkan diri kepada Allah SWT.

  15. Saya sangat terganggu atas semua yg telah saya rasakan. .baik sekolah,keluarga,maupun orang yg dekat dgn sekeliling saya. . Rasanya pengen bunuh diri. .cara xg ampuh ngilangin itu semua cemana. ;-( 🙁

    1. move on lah, jangan terlalu dimasukkan ke dalam hati semua yang sudah terjadi. cuekin aja hal negatif itu. masih banyak yg bisa kita lakukan, masih banyak orang baik di dunia ini. jalani hidup ini dengan gembira, enjoy aja lagi. silahkan buka blog saya yang baru http://www.akhmadfarhan.com
      blog yang ini sudah nggak diupdate lagi. thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *