Cara Mengetahui Potensi Diri

Banyak orang yang tidak tahu potensi dirinya. Tidak tahu apa saja kelebihan yang dimilikinya. Coba saja tanya diri kita sendiri atau orang-orang terdekat kita. Apa sih kelebihan diri kamu? Apa yah…Bingung jawabnya. Tapi kalo ditanya apa kekurangan atau kelemahan diri, banyak orang yang dengan cepat bisa menjawab. Kurang ganteng, miskin, gak pinter, dan sebagainya.
Sebagian orang beranggapan kita kan gak mau sombong jadi nggak mau membanggakan diri dengan menyebut-nyebut apa yang kita bisa. Sombong itu emang gak boleh tapi tahu potensi diri itu harus. Bukan untuk disombongkan tapi untuk dikembangkan. Potensi diri yang terus tumbuh dan berkembang akan menjadi modal kesuksesan. Anda mau sukses kan? Cari tahu cara mengetahui potensi diri di bawah ini:
1. Bidang apa saja yang kita senangi. Sesuatu yang penuh gairah dan semangat kita lakukan. Tanpa harus diminta atau disuruh. Anda akan melakukannya secara sukarela tanpa dibayar, bahkan anda mau mengeluarkan uang untuk apa yang anda lakukan. Inilah yang disebut dengan hobi. Seseorang yang punya hobi tertentu akan melakukannya dengan sepenuh hati. Misalnya orang yang hobi memelihara tanaman, dia rajin menyiram dan merawat tanaman setiap hari. Dia rela mengeluarkan uang berapapun untuk membeli tanaman, pupuk, alat-alat dan semacamnya. Hobi bisa membawa kebahagiaan dan juga penghasilan. If we do what we love, then money will follow.
2. Bertanya kepada orang terdekat. Orang yang paling tahu diri anda adalah orang terdekat. Bisa orang tua, kakak-adik, saudara, keluarga, atau teman. Merekalah yang tahu tentang diri anda dari kecil sampai dewasa. Jadi mereka tahu apa potensi diri anda. Terkadang kita tidak menyadari potensi yang kita miliki, perlu orang lain untuk membantu menyadarkan.
3. Mencoba hal-hal baru. Begitu banyak yang bisa kita lakukan di dunia ini. Wawasan, pergaulan dan keberanian yang terbataslah yang menghambat kita untuk melakukannya. Kita bisa mencoba hal-hal baru yang belum pernah kita lakukan. Tentu saja yang kita lakukan tidak boleh melanggar hukum yah. Dengan mencoba banyak hal, mungkin kita akan menemukan potensi diri yang selama ini tersembunyi.
4. Banyak membaca, melihat dan merasakan. Dengan begitu akan banyak informasi dan pengetahuan yang bertambah. Bacaan dan tontonan yang kita sukai itu bisa jadi adalah sebuah potensi. Jika anda suka membaca perkembangan dunia komputer, internet dan semacamnya. Anda bisa menjadi ahlinya, asalkan terus konsisten untuk menambah pengetahuan.
Potensi diri itu harus digali, sama seperti minyak bumi. Tidak ada minyak yang berada di atas tanah. Kita harus mencari lokasi yang tepat untuk menggali minyak. Kedalamannya pun tidak selalu sama. Ada yang cepat ditemukan, ada juga yang perlu menggali lama karena minyaknya ada jauh di kedalaman.
Tidak ada manusia yang lahir ke dunia langsung menjadi ahli di bidang tertentu. Semua harus diraih dengan proses. Jika anda sudah tahu potensi diri anda, itulah modal kesuksesan. Jika anda bisa mengembangkan potensi anda menjadi prestasi, kesuksesan sudah menanti.
Untuk mengembangkan potensi bisa baca tulisan ini http://akhmadfarhan.wordpress.com/2011/12/27/cara-mengembangkan-potensi/

45 thoughts on “Cara Mengetahui Potensi Diri”

        1. Bakat itu proses. Kalo didiamkan dia akan mati. Kalo dikembangkan akan terus tumbuh. Mungkin saja bakat itu baru terlihat ketika kita terdesak/kepepet.

    1. Waktu yg akan menjawab semua kebingungan itu. Lakukan saja apa yg kamu suka asal tdk melanggar hukum & norma

  1. kalau punya banyak hobii tapi ga’ tau mana yang paling menonjol atau yang benar” potensi kita g mana? dan gimana cara mengembangkannya?

    1. Orang yang punya multi talent itu bagus juga. Contohnya uya kuya, dia bisa nyanyi, sulap, hipnotis, pembawa acara dan pengusaha. Semua potensinya dia bisa kembangin satu per satu. Kita bisa meniru cara dia. Coba tanya orang lain, bisa keluarga atau teman dekat, potensi apa yg paling menonjol di diri kita. Kalo hobinya banyak, coba lihat hobi apa yang bisa menghasilkan uang. Tentukan hobi yang paling potensial untuk menghasilkan uang dalam jumlah besar. Dengan begitu kita akan semangat untuk mengembangkan potensi diri karena akan menjadi lahan usaha. Kembangkan dulu satu hobi, setelah berhasil baru kembangkan hobi yang lain. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara mengembangkan potensi bisa baca tulisan ini http://akhmadfarhan.wordpress.com/2011/12/27/cara-mengembangkan-potensi/

  2. kenapa hingga sekarang aku masih bngung.. dan masih penasaran apa sebenarnya potensi diri ini… ban terkadang kita suka terhadap sesuatu, tapi usaha kita terhambat.

  3. Saya Bingung apa h0bi saya,,…….. saya harus menjawabnya bes0k s0alnya dengan mengetahui h0bi saya tw kerjaan apa yg pantas buat saya,

  4. saya bingung dengan potensi saya. Karena hobi saya sepertinya berubah-ubah. Apa yang saya inginkan juga berubah-ubah, contohnya saja saya ingin jadi dokter tai sesaat kemudian karena ada teman yang berkata ingin menjadi pebisnis saya jadi ganti cita-cita. Kalau begitu kasusnya, trus gimana cara menemukan potensi diri yang benar-benar dari dalam diri kita?

    1. Apa yang anda SUKA dan apa yang anda BISA, itu adalah potensi. Jangan terpengaruh dengan keinginan orang lain. Tiap orang punya potensi yang berbeda. Keinginan boleh berubah tapi ingat waktu terus berjalan dan anda harus memutuskan apa yang benar-benar diinginkan. Yakini pilihannya dan putuskan itulah yang anda inginkan. Jangan plin-plan

  5. trimaksih atas ilmunya, semoga anda terus diberikan kecerdasan berfikir oleh tuhan sehingga bisa trus meulis banyak lagi artikel yang bermanfaat seperti ini, Amin!

    1. bukan, saya blm pernah baca buku itu. tulisannya diramu dari berbagai sumber ditambah dengan pengalaman pribadi. jadi gak ada referensi utama

  6. Kak saya kelas 3 SMP. saya sekarang udah mikirin cita-cita saya . Tapi, saya sepertinya tidak ada potensi atau pun keterampilan . jadi, saya bingung Kak…saya disekolah jga nggak pinterr … cita-cita itu saya bingung dan saya tidak mempunyaai keahlian dalam bidang apapun..

    1. wajar aja kalo masih kelas 3 smp belum tahu apa potensi dirinya. Semua orang pasti punya potensi, coba tanya ke temen2 atau keluarga kamu apa kelebihan dirimu. Bisa jadi seiring dengan berjalannya waktu, kamu akan menemukan potensi diri kamu yang sebenarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *