Cara Mencari Referensi (3)

Masih kesulitan mencari referensi? Atau referensi yang diperlukan tidak ditemukan di google dan perpustakaan online? Jangan khawatir masih ada satu cara lagi untuk mencari referensi yang akan dibahas di tulisan ini. Oh, ya tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan sebelumnya cara mencari referensi dengan search engine google bisa dibaca di sini dan cara mencari referensi di perpustakaan online bisa dibaca di sini.

Salah satu cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mencari referensi di website publisher atau penerbit jurnal. Ada beberapa penerbit besar ternama yang menerbitkan banyak jurnal diantaranya yaitu emeraldinsight.com, sciencedirect.com, elsevier.com, sagepub.org, springer.com, dll. Penerbit jurnal tersebut mempunyai berbagai jenis jurnal untuk berbagai bidang ilmu.

Langkah pencariannya sangat mudah. Pertama, bukalah website penerbit tersebut, misalnya saya buka website emeraldinsight.com dan sciencedirect.com. Setelah itu, masukkan kata kunci yang anda cari di kolom search dan klik enter. Saya masukkan keyword “brand satisfaction”. Setelah itu akan muncul hasil pencarian berupa judul artikel seperti gambar di bawah ini.

Cara pencarian referensi dengan metode ini memunculkan artikel bermuatan keyword yang kita cari yang diterbitkan oleh penerbit jurnal ini. Ada artikel yang bisa diakses langsung dan didownload dengan gratis karena open access. Namun ada juga artikel yang tidak bisa diakses karena berbayar. Kita bisa lihat contohnya seperti gambar di bawah ini.

Pada artikel pertama ada tulisan “Purchase PDF” yang artinya kita harus membeli artikel tersebut. Sementara artikel kedua ada tulisan “Open access” dan “Download PDF” berarti artikel ini bebas diakses dan bisa didownload dengan gratis. Penerbit jurnal seperti ini memang memiliki banyak jurnal berbayar tapi mereka juga punya jurnal yang bisa diakses gratis.

Demikianlah cara mencari referensi dengan mencari di website publisher jurnal. Anda bisa mencari artikel yang anda inginkan dengan mengunjungi website para penerbit jurnal. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat, silahkan dishare ke teman-teman yang membutuhkan yah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *