Cara Mencari Referensi (2)

Ada banyak cara mencari referensi secara online. Salah satunya yaitu melalui search engine google yang sudah dibahas dalam tulisan sebelumnya. Jika anda belum baca bisa klik tulisannya di sini. Tulisan ini akan membahas cara yang lain yaitu melalui perpustakaan online.

Perguruan tinggi negeri maupun swasta yang besar sudah memiliki perpustakaan online yang bisa diakses kapan dan dimana saja. Hanya saja perpustakaan mereka biasanya dibatasi hanya untuk kepentingan internal saja. Jadi yang bisa mengakses terbatas hanya untuk mahasiswa dan dosen di kampus tersebut.

Lalu bagaimana dengan mahasiswa dan dosen yang kampusnya belum memiliki perpustakaan online? Padahal masih banyak kampus yang belum punya fasilitas ini.

Alhamdulillah, sekarang ada perpustakaan online yang bisa diakses oleh semua orang karena keanggotaannya terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia memiliki koleksi e-resources yang bisa diakses oleh anggotanya dengan gratis. Jadi kita bisa mencari referensi melalui cara ini. Tentu saja kita harus daftar jadi anggota dulu.

Cara daftarnya mudah karena cukup isi formulir online. Buka link pendaftaran anggota di sini http://keanggotaan.perpusnas.go.id/daftar.aspx. Setelah itu, isi formulirnya dengan lengkap. Jangan lupa siapkan salah satu kartu identitasnya yah, seperti KTP, SIM, Paspor, Kartu Pelajar/Mahasiswa atau Kartu Keluarga. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini.

Setelah formulir terisi lengkap, kita akan mendapatkan nomor anggota. Simpan nomor anggota dan password yang anda gunakan di buku catatan, hp atau laptop agar tidak lupa karena akan selalu dipakai untuk mengakses. Setelah itu, kita buka http://e-resources.perpusnas.go.id/ tempat koleksi onlinenya berada. Untuk login, isi nomor anggota dan passwordnya seperti contoh gambar di bawah ini.

Setelah login anda bisa melakukan pencarian artikel yang anda inginkan dengan cara memasukkan kata kunci/keyword ke dalam kolom search. Saya contohkan dengan mengetik keyword “social media marketing” akan nampak hasilnya seperti gambar di bawah. Selain artikel jurnal, ada juga artikel koran, majalah, atau e-book yang memuat kata kunci yang sedang dicari seperti tampak di kolom sebelah kiri.

Artikel yang ditampilkan sebagian bisa didownload full-text tapi ada juga yang hanya abstractnya saja. Kelemahannya artikel yang tersedia dan bisa didownload di perpustakaan nasional masih terbatas. Jadi seringkali kita tidak bisa mendapatkan artikel yang diinginkan.

Untuk itu, kita masih bisa melakukan pencarian referensi dengan cara yang lain. Nanti akan kita bahas di tulisan berikutnya, tunggu aja yah.

Demikianlah cara mencari referensi melalui perpustakaan online. Silahkan dicoba. Semoga bermanfaat, silahkan dishare tulisan ini agar bisa lebih banyak bermanfaat untuk orang banyak.

One thought on “Cara Mencari Referensi (2)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *