Cara Mencari Ide Tulisan

Seorang penulis baik itu yang sudah profesional maupun masih amatiran pasti pernah kesulitan untuk mencari ide. Mereka mau menulis tapi bingung apa yang mau ditulis. Kehabisan ide, katanya. Hal ini sering terjadi dan dialami oleh saya sendiri.
Apakah gejala ini wajar terjadi? Gimana caranya supaya mudah dapat ide?
Ya, hal ini wajar saja terjadi. Penulis juga manusia punya rasa punya hati (kok jadi nyanyi) pasti pernah merasa jenuh, bosan, bete dan semacamnya. Terkadang perasaan-perasaan itu yang “menyumbat” ide untuk bisa keluar. Akhirnya kita bingung dan bengong tak tahu mau nulis apa.
Ada beberapa cara untuk mencari ide tulisan (emang tadi idenya pergi kemana?) yaitu:
1. Jadikan pengalaman sebagai ide tulisan; Kayak nulis diary lah, pengalaman baik ataupun buruk bisa jadi ide tulisan yang menarik. Apalagi ditambah dengan bumbu dramatisasi dan cara penulisan yang bikin orang penasaran.
2. Apa yang dilihat, dibaca dan didengar; Berita (gosip juga bisa) di teve, radio, koran, majalah, internet atau omongan tetangga sebelah bisa menjadi ide untuk sebuah tulisan. Saya tidak menyarankan anda untuk jadi “kompor” apalagi biang gosip. Hanya ide-nya saja yang kita ambil. Tentu saja tulisan kita harus positif.
3. Pake jurus ATM. Bukan ATM tempat ngambil duit lho. ATM ini singkatan dari Amati, Tiru & Modifikasi. Kalo kehabisan ide kita bisa melototin tulisan orang yang bagus. Kita tiru tapi harus dimodifikasi dong. Jangan copy paste yah. Itu namanya plagiat alias nyontek apalagi tanpa izin. (emang ada nyontek pake izin?) Tulisan orang lain boleh kita sebarkan asal menyebutkan sumbernya dan seizin penulisnya.
Segitu aja dulu deh tips-nya. Sebenarnya waktu saya nulis tulisan ini, saya lagi kehabisan ide mau nulis apa. Akhirnya saya tulis aja tulisan ini. Mudah-mudahan bisa menginspirasi saya sendiri dan temen-temen semua. Menulis itu mudah kok, asal kita mau aja. Mungkin motivasi menulis kita akan bertambah setelah baca tulisan tentang motivasi menulis di sini.
Ada yang punya tips lain? silakan tulis di comment yah….

8 thoughts on “Cara Mencari Ide Tulisan”

  1. jalan -jalan ke mall, tempat wisata, bisa ketemu ide, tapi kalau ide lagi banyak minum kopi juga bisa dapat ide, atau mimpi juga bisa jd ide tulisan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *