Cara Memilih Tempat Kerja Idaman

Bekerja di tempat kerja idaman pasti jadi mimpi bagi semua orang. Tentu saja setiap orang pasti punya pandangan yang berbeda tentang kriteria tempat kerja idaman. Sebagian orang ada yang sangat mengidamkan tempat kerja dengan gaji yang besar. Padahal uang bukanlah segalanya, ada faktor-faktor lain yang harus kita pertimbangkan untuk memilih tempat kerja.

Kriteria tempat kerja idaman bisa disingkat menjadi 4P yaitu:

  1. The people

Organisasi termasuk di dalamnya perusahaan atau instansi pemerintah adalah kumpulan orang. Jadi hal pertama yang perlu menjadi pertimbangan untuk memilih tempat kerja adalah orang-orangnya. Pilihlah tempat kerja yang di dalamnya terdapat orang-orang yang bisa mendukung perkembangan diri kita menjadi lebih baik.

Tempat kita bekerja akan menjadi tempat dimana kita akan menghabiskan waktu lebih banyak dalam keseharian. Kita akan bergaul, berinteraksi dan saling mempengaruhi dengan rekan kerja. Jika anda ingin menjadi orang hebat, berkumpul dan bertemanlah dengan orang-orang yang hebat. Begitu juga sebaliknya, pergaulan di tempat kerja bisa membuat kita menjadi orang yang berbeda.

  • The potential

Potensi diri kita harus terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Perusahaan yang baik pasti punya program pengembangan karyawan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para pegawainya. Selain itu, jenjang karir karyawannya juga diperhatikan.

Jadi pilihlah tempat kerja yang memungkinkan kita untuk terus berkembang. Jenjang karir yang ditawarkan jelas dan menjanjikan. Kita punya harapan dan masa depan di sana. 

  • The product

Setiap perusahaan pasti punya produk yang dihasilkan atau dijual. Produknya bisa berupa barang atau jasa. Pastikan produk yang dihasilkan perusahaan sesuai dengan prinsip dan keyakinan kita.

Untuk orang Islam, tentu sangat tidak nyaman bekerja di perusahaan yang memproduksi atau menjual barang/jasa yang haram. Meskipun tempat kerjanya nyaman, gaji besar dan rekan-rekan kerja yang baik. Kita harus tahu produk apa yang dihasilkan perusahaan sebelum melamar kerja di sana. Pilihlah tempat kerja yang menghasilkan produk yang halal dan baik.

  • The purpose

Setiap perusahaan memiliki tujuan tersendiri. Tujuan tersebut bisa terlihat dalam visi dan misi perusahaan. Kita harus memilih perusahaan yang memiliki tujuan yang sama dengan kita. Minimal tidak bertentangan atau berlawanan dengan prinsip kita.

Misalnya, kalau kita sangat mendukung pelestarian lingkungan hidup, jangan bekerja di perusahaan yang membuang limbah sembarangan. Lebih baik kita bekerja di perusahaan yang punya kepedulian untuk melestarikan lingkungan.

Jika tulisan ini bermanfaat, silahkan disharing ke teman2. Thanks…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *