Belajar Marketing Dari Pemancing Ikan

Marketing alias pemasaran adalah salah satu aspek penting dalam bisnis. Produk yang paling bagus sekalipun jika tidak dibarengi pemasaran yang baik akan tenggelam dalam persaingan. Begitu juga sebaliknya, bisa jadi produk yang biasa-biasa saja akan laris manis dibeli konsumen karena pemasarannya dikelola dengan terencana. Jadi bagi anda yang ingin membuka usaha, belajar pemasaran adalah sebuah keharusan.

Belajar pemasaran bisa dilakukan di ruang perkuliahan, membaca buku, ikut seminar dan sebagainya. Kita juga bisa belajar pemasaran dari lingkungan sekitar. Contohnya kita bisa amati perilaku pemancing ikan. Iya, seorang pemancing ikan tanpa disadari sudah menerapkan prinsip-prinsip pemasaran. Coba kita perhatikan apa yang dilakukan seorang pemancing ikan.

  1. Fokus memancing satu jenis ikan

Seorang pemancing akan menentukan target ikan yang akan dipancingnya. Apa mau memancing ikan lele, bandeng, mujair atau yang lainnya. Mereka menentukan target market secara jelas dan spesifik. Inilah yang harus dilakukan seorang pengusaha yaitu menentukan siapa yang akan menjadi target pasar untuk produknya. Apakah produknya akan ditujukan untuk kalangan anak-anak, remaja, orang dewasa atau lansia.  

  • Menyiapkan umpan sesuai dengan jenis ikan yang akan dipancing

Setiap jenis ikan punya umpan yang berbeda. Ada ikan yang suka makan cacing, pelet, udang kecil dan lain sebagainya. Begitu juga untuk mendapatkan target pasar remaja tentu saja program pemasarannya berbeda dengan pasar anak-anak. Remaja punya kebiasaan dan gaya hidup yang berbeda dengan anak-anak.

  • Memancing di tempat ikan banyak berkumpul

Seorang pemancing tahu betul dimana target ikan pancingannya berada. Mereka tidak akan pergi ke tempat yang salah. Tidak mungkin mereka mancing ikan lele di laut. Iklan televisi untuk remaja harus ditempatkan di acara yang banyak diminati remaja. Jangan memasang iklan untuk produk kecantikan remaja di acara berita.

Pemancing ikan mungkin tidak pernah belajar ilmu pemasaran sebelumnya.  Namun secara alami mereka sudah menerapkannya dalam keseharian mereka. Kita bisa belajar banyak dari apa yang ada di sekitar kita. Yuuk kita belajar…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *