Bangkitlah Pemuda Islam

Serangan atau yang lebih tepat disebut pembantaian Israel terhadap penduduk Palestina di Gaza tanpa bisa dicegah dan dihentikan adalah bukti ketertinggalan umat Islam. Padahal 1 dari 5 warga dunia adalah muslim tapi kita tak berdaya. Kalau bicara kuantitas kita memang tidak kalah, tapi kualitas masih jauh tertinggal. Fakta menarik tentang perbandingan Yahudi dan umat Islam bisa dilihat di bawah ini:

o Populasi Yahudi di dunia:  14 juta

   Distribusi:  7 juta di Amerika, 5 juta di Asia, 2 juta di Eropa, 100 ribu di Afrika

o Populasi: 1,5 milyar

   Distribusi: 1 milyar di Asia/Timur tengah, 400 juta di Afrika, 44 juta di Eropa,

                     6 juta di Amerika

 

            Ada beberapa alasan mengapa umat Islam bisa mengalami ketertinggalan di zaman ini. Padahal dalam sejarah umat Islamlah yang membawa pencerahan ke Eropa sehingga mereka bisa maju seperti sekarang. Ketertinggalan tersebut disebabkan diantaranya yaitu:

  1. Umat Islam jauh dari ajarannya. Kita bisa buktikan dengan cara melihat berapa banyak yang sholat?, berapa banyak muslim yang konsisten membaca Qur’an? Berapa banyak yang paham ajaran Islam dan menerapkannya dalam hidup keseharian?
  2. Umat Islam menyepelekan pendidikan. Kemajuan peradaban Islam dimulai dari zaman Rasulullah SAW dan para sahabat hingga berabad-abad lamanya karena faktor pendidikan. Ilmuwan Islamlah yang menjadi peletak dasar ilmu pengetahuan modern. Mereka menjadi cahaya penerang bagi dunia barat yang saat itu berada dalam kegelapan. Fakta di bawah ini bisa menjadi bukti:

·         Pemenang hadiah nobel selama 105 tahun, ada 180 orang yahudi yang mendapatkannya sementara itu hanya ada 3 orang Islam pernah meraihnya.

·         Di 57 negara muslim hanya ada 500 universitas sementara di USA saja ada 5.758 bahkan di India 8.407 universitas.

·         Tingkat bebas buta aksara rata-rata di negara kristen mencapai 90% sementara di negara Islam hanya 40%.

 

Masih banyak alasan lain yang menjadi penyebab kita berada jauh di belakang.  Alasan-alasan tersebut saling kait mengait bagaikan benang kusut yang susah untuk diuraikan kembali. Dua faktor di atas itulah hal terpenting yang harus segera umat Islam benahi terutama kita generasi muda.

Kita harus belajar tak kenal henti tanpa lupa untuk mengembangkan kepribadian yang tangguh. ”knowledge is power but character is more”. Pembentukan karakter tidak bisa dilakukan secara sekaligus tapi ia adalah proses bertahap yang dilakukan sedikit demi sedikit. Mari kita bentuk kepribadian kita menjadi pribadi yang Islami. Pribadi yang seimbang antara memenuhi kebutuhan jasmani, akal dan rohani. Contoh ketidakseimbangan dalam hidup:

 

·         Pinter + Seger + Nggak Bener = KEBLINGER

·         Pinter + Bener + Nggak Seger = KELENGER

·         Seger + Bener + Nggak Pinter = BIKIN MINDER

Masa depan umat Islam ini ada di tangan para pemudanya.Bangkitlah, dekatkan dirimu dengan Islam.Raihlah pendidikan tertinggi yang kamu bisa. Buktikanlah bahwa kita adalah umat yang cinta akan pengetahuan dan kemajuan.Bukan umat yang bodoh dan malas.

2 thoughts on “Bangkitlah Pemuda Islam”

  1. Setuju…!
    Knowledge is Power..! Ummat harus banyak belajar lagi dan menguasai berbagai ilmu pengetahuan… bangkitlah Pemuda Islam…! Allah bersama kita..
    agungkusuma.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *