Apakah anda termasuk orang besar?

Pertanyaan yang terkandung dalam judul di atas tentu bukan menanyakan besarnya fisik seseorang. Kalo besarnya fisik mudah terlihat dan tidak bisa disembunyikan. Orang besar yang dimaksud di sini tentu saja yang bersifat non fisik. Seberapa “besar” diri kita, bsa dilihat dari ciri-ciri orang besar di bawah ini.

1. orang besar berakal besar. Ada kata-kata mutiara seperti ini “Great minds discuss ideas. Average minds discuss events. Small minds discuss people.” (Orang berakal besar membicarakan ide-ide. Orang berakal sedang membicarakan kejadian-kejadian. Orang berakal kecil membicarakan orang). Otak yang dimiliki orang yang berakal besar penuh dengan ide-ide. Tema utama pembicaraan mereka dalam kehidupan sehari-hari adalah ide. Mereka mendedikasikan jatah umur, waktu, tenaga, pikiran dan harta yang mereka miliki untuk memikirkan, menghasilkan, membicarakan, membahas, mendiskusikan, menyebarluaskan dan merealisasikan ide-idenya.
Orang besar tidak akan menyia-nyiakan waktunya untuk membahas hal-hal kecil yang tidak penting dalam hidupnya. Apalagi membuang waktu untuk membicarakan orang lain kecuali untuk diambil hikmahnya. Mereka hanya akan membicarakan hal penting yang bisa menjadi pelajaran untuk hidup mereka.
2. Orang besar bertindak besar. mereka akan melakukan hal-hal besar dalam hidupnya. Mereka tidak memikirkan diri sendiri atau keluarganya saja. Orang besar sangat peduli akan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, orang besar akan memiliki karya besar. Bisa berupa karya yang terlihat atau berwujud. Atau bisa juga berupa pengabdian tanpa pamrih. Mereka luangkan waktunya untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat.
3. Orang besar berbicara besar. Mereka tidak suka membicarakan hal-hal kecil yang remeh temeh. Apalagi membicarakan aib orang lain, aktifitas selebriti dan semacamnya. Mereka lebih disibukkan oleh pembicaraan tentang ide-ide mereka, bagaimana ide itu akan diwujudkan dan semacamnya. Orang besar juga tidak menyombongkan diri dengan membangga-banggakan apa yang dia sudah capai karena dia tahu banyak orang yang lebih baik dari dirinya.
Itu ciri-ciri orang besar. ciri-ciri tersebut bisa terlihat dari sekarang walaupun kita masih belum jadi orang besar. Cobalah tanyakan kepada diri sendiri dan orang-orang terdekat kita, apakah kita punya ciri-ciri utk jadi orang besar? Kalo untuk sekarang bisa juga dilihat dari cara orang menulis statusnya di facebook atau twitter. apakah yang dia tulis itu hal-hal besar atau sesuatu yang tidak penting…apakah anda akan jadi orang besar atau kecil, semuanya tergantung kepada diri anda sendiri. Jadi orang besar, siapa takut???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *