Adaptasi atau Mati?

Pernah dengar atau bahkan mungkin pernah pakai hape Nokia dan Blackberry? Iya dua merek itu dulu pernah berjaya dan menguasai pangsa pasar gadget ketika awal-awal handphone menjadi alat komunikasi yang wajib dimiliki. Namun, kejayaan mereka berakhir ketika teknologi baru datang, gadget dengan touch screen dan sistem android mulai memasuki pasar.

Nokia dan Blackberry tidak mau beradaptasi dengan teknologi yang baru karena merasa sudah memiliki keunggulan tersendiri dan menjadi pemimpin pasar. Perlahan tapi pasti pangsa pasar mereka digerogoti, konsumen mulai beralih ke hape merek Samsung dan Apple. Akhirnya mereka pun mati suri. Ada tapi tiada, dulu jadi raja sekarang tak berdaya.

Dulu kalau mau naik perlu taksi pasti yang dicari si warna biru alias blue bird. Taksi biru ini sangat dipercaya oleh konsumen dan menjadi pemimpin pasar di dunia pertaksian. Sekarang tak lagi begitu, orang yang perlu kendaraan bisa memesan dengan aplikasi. Mereka bisa dapat kendaraan dengan cepat dan harga yang lebih murah. Taksi kini tergantikan oleh taksi online seperti Grab atau Go-car.

Blue bird yang tak mau kehilangan pasarnya begitu saja segera beradaptasi. Kini kita bisa memesan taksi biru ini melalui aplikasi juga. Bahkan Blue Bird sudah bekerjasama dengan Gojek untuk memudahkan konsumen memesan taksi mereka secara online.

Apapun bisnis yang anda geluti, anda harus bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Teknologi telah merubah cara manusia berinteraksi. Pertemuan tatap muka kini tak selalu diperlukan. Cara manusia berbelanja telah berubah dengan signifikan. Tentu saja cara pebisnis dalam menjalankan usahanya harus menyesuaikan.

Bukan hanya bisnis yang besar dengan target pasar tingkat nasional saja yang perlu beradaptasi. Bisnis kecil pun perlu juga beradaptasi sesuai dengan kondisi. Meskipun anda hanya jualan martabak di komplek perumahan, dagang sembako di perkampungan atau membuka bimbingan belajar, anda perlu merubah cara anda berbisnis. Meskipun bisnis itu sudah lama dilakukan, yang sekarang kita hadapi adalah konsumen yang berbeda gaya.

Konsumen sekarang sangat mengutamakan kemudahan dalam memenuhi kebutuhannya. Untuk apa harus pergi keluar rumah mencari cemilan, jika hanya dengan memainkan gadget dalam genggaman itu bisa dilakukan. Mereka juga mudah terpengaruh untuk mencoba sesuatu yang baru yang menarik perhatian atau sedang viral di jagat maya.

Untuk itu para pelaku usaha perlu mengembangkan kreatifitas dan inovasi agar sesuai dengan perkembangan zaman. Produk yang dijual bisa dikreasikan agar berbeda dan lebih baik dari pesaing, pelayanan harus ditingkatkan, distribusi dipermudah dan dipercepat serta sarana pembayaran yang beragam. Itulah yang harus dilakukan para pengusaha zaman now agar tidak terlindas oleh persaingan. Adaptasi atau mati…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *