Ada empat tipe pembeli di toko online, anda termasuk yang mana?

Online shopping kini sudah menjadi trend di banyak negara. Hal ini terjadi karena ada banyak kemudahan yang didapatkan konsumen ketika belanja secara online. Pembeli bisa berbelanja kapan saja karena toko online buka 24 jam sehari. Pembeli juga bisa berbelanja dimana saja berada karena tokonya bisa dikunjungi dari mana saja selama ada akses internet.

Lembaga riset pemasaran Nielsen mengeluarkan laporan Nielsen Global E-Commerce Report pada bulan Agustus 2014. Menurut laporan tersebut, ada empat tipe pembeli di toko online yaitu:

  1. Shopaholics

Tipe pertama adalah mereka yang suka belanja. Mereka yang tergolong dalam kelompok ini merasa belanja online itu banyak kemudahan dan menyenangkan. Mereka suka menerima email notifikasi dari toko online. Bahkan mereka juga menggunakan aplikasi mobile untuk mengatur daftar belanja.

  • Researchers

Tipe kedua mengutamakan pengetahuan sebelum berbelanja. Mereka terlebih dahulu mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang produk yang akan dibeli. Mereka suka membaca online review tentang produk yang jadi incaran. Bahkan mereka juga memanfaatkan sosial media sebagai sarana komunikasi dengan teman dan keluarga untuk mencari informasi produk.

  • Savers

Tipe ketiga adalah mereka yang selalu mencari harga termurah. Mereka percaya kalau belanja online bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan di toko biasa. Mereka suka membanding-bandingkan harga terlebih dahulu sebelum membeli produk.

  • Skeptics

Tipe keempat adalah mereka yang punya kekhawatiran berlebihan untuk berbelanja online. Mereka khawatir mengenai jaminan kerahasiaan atas data-data pribadi yang digunakan untuk belanja. Mereka juga sering tidak nyaman dengan cara belanja di toko online yang kadang membingungkan dan adanya ongkos kirim yang harus ditanggung oleh pembeli.

Dari keeempat tipe pembeli di toko online tersebut, anda termasuk yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *