4 Langkah Untuk Mengubah Kehidupan Anda

Banyak orang yang merasa hidupnya biasa saja. Berlalu seperti angin berhembus. Tak banyak perubahan dari hari ke hari, bulan demi bulan hingga hitungan tahun berganti. Tak ada perbedaan, “aku masih seperti yang dulu” ngutip lagu jadul. Tentu kalau keadaan kita sekarang sama seperti dulu berarti kita termasuk orang yang merugi. Terus gimana dong supaya hidup kita berubah. Apa yang harus kita lakukan?
Ada 4 langkah yang bisa mengubah kehidupan anda. Baca dan praktekkan yah…
1. Lakukan lebih banyak dalam beberapa hal
Kita harus melakukan lebih banyak hal-hal positif. Mungkin ilmu yang kita miliki tidak bertambah banyak setelah lulus kuliah karena kita berhenti belajar. Jarang membaca buku apalagi ikut seminar dan semacamnya. Koran, majalah, radio atau televisi pun hanya dinikmati sebagai hiburan semata. Internet cuma dipakai sebagai sosial media.
Belajarlah lebih banyak, luangkan waktu untuk membaca buku. Bergaullah dengan orang-orang positif yang bisa memberikan inspirasi dan motivasi. Ibadah kita kepada Sang Pencipta sebagai wujud rasa syukur pun perlu ditingkatkan. Ibadah wajib tidak boleh tertinggal ditambah dengan ibadah yang sunnah.
2. Lakukan lebih sedikit dalam beberapa hal
Kurangilah kegiatan yang kurang bermanfaat. Bisa jadi kita merasa sibuk padahal yang kita lakukan hanya bersenang-senang. Terlalu banyak menonton sinetron, film, ngobrol ngalor ngidul dan sebagainya akan menghabiskan waktu kita. Lebih baik dialihkan untuk kegiatan positif. Ayo kita renungkan, aktifitas apa yang selama ini menghabiskan jatah waktu 24 jam dalam sehari. Apa saja aktifitas yang kurang produktif harus dikurangi.
3. Lakukan sesuatu yang baru
Cobalah untuk mengerjakan hal positif yang belum pernah kita lakukan. Untuk yang gaptek komputer atau internet, bisa mencoba ikut kursus atau belajar ke teman yang lebih ahli. Buat mereka yang belum bisa menyetir mobil, cobalah untuk berani menyetir sendiri.
Melakukan sesuatu yang baru akan banyak membawa manfaat. Selain menambah ilmu, keterampilan dan wawasan, bisa juga menambah rasa percaya diri dan optimis bahwa kita juga bisa melakukan sesuatu yang bisa dilakukan oleh orang lain. Bisa juga jadi peluang bisnis lho.
4. Berhenti melakukan sesuatu hal
Hentikan segala sesuatu kebiasaan yang merugikan kita. Misalnya merokok. Dengan dalih apapun merokok lebih banyak membawa kerugian daripada manfaat. Tanpa rokok kita bisa lebih sehat dan hemat. Tanpa disadari perokok yang sudah kecanduan bisa menghabiskan uang hingga ratusan ribu per bulan. Sayang sekali, padahal uang itu bisa digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat.
Banyak kebiasaan buruk lain yang harus kita hentikan untuk mengubah kehidupan kita. Kebiasaan begadang, bergaul dengan orang yang kurang baik, apalagi minuman keras, judi, free seks dan semacamnya harus segera diganti dengan kebiasaan baru yang lebih baik. Tanpa berhenti melakukan kebiasaan buruk hidup kita tidak akan pernah berubah.
Lakukanlah 4 langkah di atas, hidup kita akan berubah. Tidak bisa sekaligus, perlahan tapi pasti. Selangkah demi selangkah, kehidupan yang lebih baik akan kita miliki. Selamat mencoba…

7 thoughts on “4 Langkah Untuk Mengubah Kehidupan Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *