3 Tipe Orang Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan, Anda Termasuk Yang Mana?

Tak terasa bulan Ramadhan sebentar lagi tiba. Kaum muslimin di seluruh dunia sudah siap menyambut bulan yang istimewa. Namun sikap mereka tak semuanya sama. Pada dasarnya ada 3 tipe orang menyambut datangnya bulan Ramadhan, anda termasuk yang mana?

Tipe pertama, orang yang merasa berat dengan datangnya bulan puasa yang suci dan mulia. Mereka yang merasa berat ini sudah terbayang akan beratnya menahan lapar dan haus satu bulan lamanya. Belum lagi harus menahan godaan agar tidak merusak ibadah puasa. Misalnya tidak ngomongin orang, tidak berbohong, dan lain sebagainya.

Orang yang merasa berat ini akan mengeluh dan sering menghitung hari kapan bulan puasa akan pergi. Mereka merasa tidak nyaman dengan adanya bulan puasa. Tak tahan mesti bangun di pagi buta, tak kuasa menahan lapar dan dahaga. Mereka lebih senang menanti idul fitri tiba. Berharap bisa berbaju baru dan terbebas dari beban puasa yang menurut meereka membelenggu. Orang seperti ini inginnya meraih kemenangan tanpa mau berjuang.

Tipe kedua, menganggap biasa dan puasa Ramadhan sebagai hal rutin yang harus dijalankan. Orang seperti ini tidak merasa berat tapi juga tidak gembira. Puasa dianggap sebagai hal biasa saja. Sekedar rutinitas tahunan yang harus dijalankan. Tak ada yang istimewa.

Mereka berpuasa hanya untuk menggugurkan kewajiban semata. Tak perlu ada persiapan yang dilakukan. Tak ada target yang harus dikejar. Mereka beranggapan yang penting sudah menjalankan kewajiban berpuasa. Sudah, itu saja.

Tipe ketiga, orang yang bergembira menyambut datangnya puasa. Orang seperti ini merasa sangat gembira ketika bulan Ramadhan akan tiba. Mereka sudah mempersiapkan diri sejak jauh hari karena mereka tahu betapa istimewanya bulan suci ini. Bukan hanya sekedar berpuasa, merekapun sudah siapkan target dan program yang akan dijalankan.

Mereka sangat berharap dengan berpuasa dan meningkatkan ibadah dengan optimal akan menjadikan diri mereka lebih baik lagi. Mereka berharap bisa menjadi insan yang bertakwa sebagaimana tujuan orang yang berpuasa. Orang seperti ini bukan hanya berpuasa untuk dirinya sendiri tapi juga untuk kemaslahatan lingkungan sekitarnya. Mereka aktif dalam aktifitas kebaikan seperti menuntut ilmu bersama dalam pesantren Ramadhan, memberikan sedekah terbaik, berbagi rezeki dengan menyediakan makanan untuk berbuka puasa dan lain sebagainya.

Demikianlah tiga tipe orang dalam menyambut Ramadhan, anda termasuk yang mana?

One thought on “3 Tipe Orang Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan, Anda Termasuk Yang Mana?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *